Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Pembelian Pelanggan pada E–Commerce Shopee

Authors

  • Dwi Susanto Ekonomi Dan Bisnis,. Universitas Teknokrat Indonesia
  • Ade Candra Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Teknokrat Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32493/JEE.v7i1.43496

Keywords:

Promosi; Harga; Kepuasan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan pengaruh promosi dan harga terhadap kepuasan pembelian pada E-Commerce Shopee. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Teknokrat Indonesia Program Studi Manajemen berjumlah 524 orang. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 83 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu nonprobability sampling dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara variabel independent yaitu promosi dan harga terhadap variabel independen yaitu kepuasan pembelian. Dari pengujian secara parsial uji T yang menunjukkan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian. Dan pada variabel harga diperoleh dengan membuktikan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian. Dapat disimpulkan variabel promosi dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pembelian. Koefisien Determinasi (R Square) sebesar 0,535 kepuasan pembelian dapat dijelaskan oleh promosi dan harga sebesar 53,5% sedangkan 46,5 % lagi dapat dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

1. Andrean, Andrean, Et Al. "Keterkaitan Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap kepuasan Pembelian Mahasiswa di Aplikasi E-Commence

2. ." Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (Sensasi). Vol. 3. 1. 2021

3. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia,“Laporan Survei Internet Apjii 2019 – 2020,” Asos. Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. Vol. 2020, Pp. 1–146, 2020, [Online].

4. Andrean, N. Nugroho, F. A. M. Hutabarat, D. Anggraini, and S. Supriyanto, “Keterkaitan Harga, Promosi, dan Kualitas Produk Terhadap kepuasan Pembelian Mahasiswa Di Aplikasi Shopee,” Semin. Nas. Sains Dan Teknol., Pp. 240–244, 2021.

5. Devi, Lenggang Kurnia Intan. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap kepuasan Pembelian Pada Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Di Surabaya). Diss. Uin Sunan Ampel Surabaya, 2019.

6. Fandy, Tjiptono, 2015, Manajemen Pemasaran Jasa, Andi, Yogyakarta

7. Fitriyah, Ayu (2020) Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Informasi, dan Persepsi Risiko Terhadap kepuasan Pembelian Online di Shopee.Co.Id (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah GresikAngkatan Tahun 2019). Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

8. F. H. Nadiya And S. Wahyuningsih, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek Terhadap kepuasan Pembelian Fashion 3second di Marketplace (Studi Pada Mahasiswa Pengguna Fashion 3second di Kota Semarang),” J. Ilmu Dan Ris. Manaj., Vol. 5, No. 2, Pp. 1–20, 2020.

9. Hidayat Gading, N. Rachma, and Siti Asiyah. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap kepuasan Pembelian Pada Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang Angkatan 2016-2018). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen 9.11 (2020).

10. Hilda, Nurul Aeni. Pengaruh Harga, Promosi, dan Penilaian Produk Terhadap kepuasan Pembelian Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Purwokerto). Diss. Iain Purwokerto, 2021.

11. Mewoh, Fransilia Marsilina, Johny Re Tampi, And Danny Ds Mukuan. "Pengaruh Digital Marketing Terhadap kepuasan Pembelian Pada Matahari Department Store Manado Town Square." Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) 9.1 (2019): 35-42.

12. Pratiwi, Dita Aprilia Nur, And Suwitho Suwitho. "Pengaruh Promosi Online, Harga Dan Kepercayaan Terhadap kepuasan Pembelian Pada Toko Online Shop Shopee." Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (Jirm) 9.10 (2020).

13. Pride & Ferrel (Dalam Fadila, 2013), Manajemen Pemasaran, Edisi Kesepuluh, Salemba, .Populasiuu

14. Rizkia, Sisca. Digital Marketing Dan Ragam Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Toko Online Shopee Studi Kasus Mahaiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Iain Kudus. Diss. Iain Kudus, 2021.

15. Schiffman Dan Kanuk, 2012, Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap kepuasan Pembelian. Jurnal Manajemen Petra, Vol 1 ,No 1.

16. Sugiyono.,2019, Metode Penelitian Pedidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

17. Tulangow, Sharen G., Tinneke M. Tumbel, And Olivia Fc Walangitan. "Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap kepuasan Pembelian Pada Pembelian PT. Shopee International Indonesia di Kota Manado." Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) 9.3 (2019): 35 43.

18. Y. G. Primadasa,“Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap kepuasan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Karyawan Di PT. Percetakan Gramedia Cikarang),” Skripsi, Pp. 1–114, 2019.

Downloads

Published

2024-10-10

How to Cite

Susanto, D., & Candra, A. (2024). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Kepuasan Pembelian Pelanggan pada E–Commerce Shopee. Jurnal Ekonomi Efektif, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.32493/JEE.v7i1.43496