Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Inovasi Teknologi, Kepuasan, dan Loyalitas Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.32493/fb.v7i2.2025.71-81.55294Keywords:
Kualitas Pelayanan; Inovasi Teknologi; Kepuasan Mahasiswa; Loyalitas MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, inovasi teknologi, dan kepuasan mahasiswa terhadap loyalitas mahasiswa di Universitas Trunojoyo Madura. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya peran pelayanan dan inovasi teknologi dalam meningkatkan kepuasan serta loyalitas mahasiswa terhadap lembaga pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada mahasiswa sebagai responden.Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif S1Manajemen Universitas Trunojoyo Madura, dengan jumlah sampel sebanyak 95 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda melalui bantuan program SPSS versi 26 untuk menguji hubungan antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, yang berarti semakin baik pelayanan yang diberikan maka semakin tinggi pula loyalitas mahasiswa terhadap universitas; (2) Inovasi teknologi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi belum menjadi faktor dominan dalam membentuk loyalitas; (3) Kepuasan mahasiswa berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, sehingga semakin tinggi tingkat kepuasan, semakin kuat pula loyalitas yang terbentuk; dan (4) Kualitas pelayanan, inovasi teknologi, dan kepuasan mahasiswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa, dengan kontribusi pengaruh sebesar 51,1%, sedangkan sisanya sebesar 48,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian ini.
References
Alfaruqi, H., Susilawati, T., & Sumbawa, U. T. (2022). SATISFACTION AND LOYALTY USING STRUCTURAL EQUATION. 10(1), 1–10.
Anwar, W. F., Malik, A., Ayuna, N., & Dewi, A. K. (2023). Kualitas Pelayanan Akademik terhadap Kepuasaan dan Loyalitas Mahasiswa. J-MPI (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam), 8(2), 146–158. https://doi.org/10.18860/jmpi.v8i2.22747
De-Juan-Vigaray, M. D., Ledesma-Chaves, P., González-Gascón, E., & Gil-Cordero, E. (2024). Student satisfaction: Examining capacity development and environmental factors in higher education institutions. Heliyon, 10(17). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e36699
Ecodemica, J., April, V. N., Karunia, E., Ecodemica, J., & April, V. N. (2020). Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Borneo Tarakan. 4(1), 127–134.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dgn Program IBM SPSS 25 Edisi 9(Imam Ghozali). 1–510.
Gürbüzer, B., & Acuner, A. M. (2025). The Role of Service Quality in Enhancing Technological Innovation, Satisfaction, and Loyalty Among University Students in Northern Cyprus. Sustainability, 17(15), 6832. https://doi.org/10.3390/su17156832
Halik, S., Yunus, A. R., Semmaila, B., Syahid, A., & Asykur, M. (2022). The Influence of Madrasah Principal Leadership and Work Environment on Madrasah Teacher Performance. 06(04), 1163–1174.
Hayati, F. I., Zuprizal, Z., Hawibowo, S., & Amrullah, Y. A. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Mahasiswa di Universitas AMIKOM Yogyakarta. Manazhim, 3(2), 236–252. https://doi.org/10.36088/manazhim.v3i2.1380
https://feb.trunojoyo.ac.id/. (n.d.). https://feb.trunojoyo.ac.id/
Juniarta, G. A. (2025). Peran Kualitas Pelayanan , Penggunaan Teknologi Informasi , dan Harapan Mahasiswa Terhadap Kepuasan Mahasiswa di Fakultas Ilmu Pendidikan. 13(3), 149–159.
Kottler, K. 2016. (2024). Management & Marketing. In Journal of Clinical Orthodontics (Vol. 58, Issue 1).
Pramesti, M. D., & Rizal, A. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perguruan Tinggi Terhadap Kepuasan dan Dampaknya Pada Niat Untuk Merekomendasikan. Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(9), 16004–16020. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i9.13775
Putri A.R. Tugu1, Kalvein Rantelobo2*, P. A. A. (2025). Jurnal Netnografi Komunikasi ( JNK ). 4(1), 21–39.
Syakur, A. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Dan Loyalitas Mahasiswa Ditinjau Dari Model Pembelajaran Di Akademi Farmasi Surabaya. Reformasi, 8(2), 100. https://doi.org/10.33366/rfr.v8i2.1091
Windasari, W., Soedjarwo, S., & Mutohir, T. C. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Mahasiswa (Studi Kasus Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga). Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 103–109. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p103-109
Downloads
Published
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.






.png)