Peran Kepemimpinan dalam Meningkatkan Komitmen Organisasi yang Mendorong Kinerja Bendahara BOS pada Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Semarang
DOI:
https://doi.org/10.32493/jmw.v5i3.54013Keywords:
Harga; Kualitas produk; Keputusan pembelianAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Air RO Zero di PT Krama Tirta Wanayakun, Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 4.575 konsumen, dengan sampel sebanyak 98 responden yang diambil menggunakan teknik proportional random sampling melalui rumus Slovin. Teknik analisis data mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis deskriptif, regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji F, dengan bantuan perangkat lunak SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai thitung sebesar 10,160 > ttabel 1,661 dan signifikansi 0,001 < 0,05. Begitu pula dengan kualitas produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai thitung sebesar 9,384 > ttabel 1,661 dan signifikansi 0,001 < 0,05. Secara simultan, variabel harga dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dengan nilai Fhitung sebesar 62,589 > Ftabel 3,092 dan signifikansi 0,001 < 0,05. Persamaan regresi linier berganda yang diperoleh adalah Y = 0,7818 + 0,492X₁ + 0,328X₂. Nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,754 menunjukkan hubungan yang kuat antara variabel independen dan dependen. Sementara itu, nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,559 mengindikasikan bahwa 55,9% perubahan keputusan pembelian dipengaruhi oleh harga dan kualitas produk, sedangkan sisanya sebesar 44,1% dipengaruhi oleh faktor lain di luar model penelitian ini.
References
Emi, D. P. (2022). Manajemen pemasaran hasil pengelolaan bank sampah melalui e-commerce. Pale Media Prima.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivar-iate dengan program IBM SPSS 27 (Edisi ke-9). Salemba Empat.
Hidayat, R., Menhard, Y., Yulita, R., Wahab, W., Ilyas, M., & Nusyirwan. (2024). Manajemen pemasaran. CV. Azka Pustaka.
Hidayar, R. (2024). Manajemen pemasaran. Azka Pustaka.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2021). Intisari manajemen pemasaran (Edisi ke- 6). Andi.
Lupiyoadi, R. (2016). Manajemen pemasaran jasa. Salemba Empat. Pramana, C., Utama, A., Ririmasse, O., Djuanda, G., Christianty, R., Wijaya,
I. G. B., Syafaat, F., Siahainenia, S., & Mashadi, M. (2021). Dasar ilmu mana-jemen. Media Sains Indonesia.
Rudani. (2020). Manajemen: Teori, prinsip, dan praktik. Erlangga. Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sumarwan, U. (2020). Perilaku konsumen: Teori dan penerapannya dalam pemasa-ran. Ghalia Indonesia.
Sinambela, L. P. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Sinar Grafika Offset.
Sudarsono, H. (2020). Buku ajar: Manajemen pemasaran. Pustaka Abadi.
Thihastuti, E. A. (2020). Manajemen pemasa-ran plus. Deepublish. Tjiptono, F. (2019). Pemasaran jasa. Andi Publisher
Tjiptono, F. (2019). Strategi pemasaran. Andi Publisher
Adhinda, E. G., Arief, M. Y., & Soeliha, S. (2022). Harga dan suasana toko (store atmosphere) dalam menentukan kepua-san konsumen dengan kepercayaan konsumen sebagai variabel intervening pada Coffee Shop Titik Kumpul Capore Situbondo. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(3).
Anisa, C. A. (2021). Tingkat manajemen dan manajer beserta fungsi-fungsi mana-jemen. Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 2(2).
Chandra, B. A., & Megawati. (2022). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan kon-sumen pada Brasserie Resto di Kota Pa-lembang. Jurnal Publikasi Riset Maha-siswa Manajemen, 4(1).
Delimah Pasaribu, V. L. (2018). Analisis pengaruh promosi, kualitas produk dan desain kemasan terhadap keputusan pembelian hand and body lotion merek Citra (Studi kasus Carrefour Pamulang, Tangerang Selatan). Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(4).
Delimah Pasaribu, V. L. (2020). The influ-ence of service quality and price on customer satisfaction (CV. Herina Ca-tering), International Journal of Integra-tive Sciences (IJIS) Vol.1, No.8
Dwijantoro, R., Dwi, B., & Syarief, N. (2021). Pengaruh harga, kualitas produk dan promosi terhadap kepu-tusan pembelian marketplace Shopee. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 4(2), 66.
Farisi, S., & Siregar, Q. R. (2020). Pengaruh harga dan promosi terhadap loyalitas pelanggan pengguna jasa transportasi online di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1).
Grace Haque, M. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada PT. Berlian Multitama di Jakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 21(1).
Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh har-ga terhadap keputusan pembelian kon-sumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Jurnal Productivity, 2(1).
Hidayat Syah, Prastowo, S. L., & Annaufal, M. A. (2023). Pengaruh tren produk, store atmosphere, word of mouth ter-hadap keputusan pembelian ulang dengan kepuasan sebagai variabel me-diasi. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 19(3).
Lesmana, R., & Ratnasari. (2019). Pengaruh kualitas produk dan pelayanan terhadap kepuasan konsumen PT. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kom-petitif, 2(2).
Marbun, M. B., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh promosi, kualitas pe-layanan dan keputusan pembelian ter-hadap pembelian ulang (literature re-view manajemen pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu So-sial, 3(2).
Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen Y.O.U pada Ha-sanah Mart Air Haji. ECONOMINA, 2(2).
Masdaini, E., & Hemayan, A. D. (2022). Analisis keputusan pembelian pada konsumen Warung Kopi Nilang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(12).
Narita Utomo, A. R., & Rahayu, S. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pada CV Rizky Andre Jaya di Jakarta Selatan. Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Univer-sitas Pamulang, 12(2).
Noveiana, H. F., & Munarsih. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada J&T Express Cabang Duta Mas Jakarta Bar-at. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 8(1).
Orlando, J., & Harjati, L. (2023). Pengaruh atribut produk dan harga terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Aa Raffi FriedChicken Sindangbarang Bogor. Journal of Accounting & Man-agement Innovation, 6(1).
Priyadi, A., Widayati, C. C., & Perkasa, D. H. (2024). Kualitas produk, kualitas pela-yanan dan lokasi terhadap keputusan pembelian di Gramedia Mall Central Park. Journal of Management and Business (JOMB), 6(3), 784.
Rahmawati, P. (2015). Pengaruh variasi produk, harga, dan customer experi-ence terhadap keputusan pembelian ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1).
Rizqi, F., Hafidzi, M. K., & Juman, A. (2022). Literature review: Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi ter-hadap pengambilan keputusan pem-belian. Jurnal Ilmu Multidisiplin, 1(1), 203–214.
Sinulingga, E. (2021). Pengaruh persepsi har-ga dan kualitas produk terhadap kepu-tusan pembelian. Jurnal Ekobistek, 10(4).
Umma, R., Anindita, K., & Hayuningtias. (2022). Pengaruh kualitas produk, brand ambassador dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6).
Utomo, D. A. W., Saeroji, A., Prasetyo, J. S., & Agfianto, T. (2020). Strategi pemasa-ran berbasis website di Kampung Wisata Baluwarti Surakarta. Jurnal Ino-vasi Penelitian, 1(6).
Yamini, E. A. (2022). Pengaruh bauran pemasaran pada keputusan pembelian spontan. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
- Penulis memiliki hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat masuk ke dalam pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas karya awalnya publikasi dalam jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (misalnya, dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengajuan, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan ( Lihat The Effect of Open Access).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.




.png)