Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang

Authors

  • Agista Azzahra A Universitas Pamulang
  • Rahmat N Cahyo Universitas Pamulang
  • Rifki Surya, A Universitas Pamulang
  • Tohirin Tohirin Universitas Pamulang
  • Prihadi Dwianggoro Universitas Pamulang
  • Nuru Kalumidya Erponis Universitas Pamulang
  • Muhamad Faozan Afandi Universitas Pamulang
  • Kartika Sari Dewi Universitas Pamulang
  • Jamothon Gultom Universitas Pamulang

Keywords:

Citra Merek, Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek, promosi dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada laptop merek Asus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel penelitian terdiri dari 110 responden yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel purposive. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Form, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, asumsi klasik, uji reliabilitas, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek, dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji determinasi, didapatkan bahwa koefisien korelasi (R2) memiliki nilai sebesar 0,951 (95,1%),  menunjukkan bahwa hubungan antara citra merek, promosi, harga dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat. Nilai R Square atau koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 90,1% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh citra merek, promosi dan harga sementara sisanya sebesar 9,9% dipengaruhi oleh faktor lain di luar lingkup penelitian ini

References

Amstrong, K. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid 1 dan 2 edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Febriyanti, R. S., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Kualitas produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Kapferer, J. N. (2012). Strategic Brand Management: Creating and Sustaining Brand Equity Long Term. Kogan Page.

Keller, K. L., & Lehmann, D. R. (2006). Brands and Branding: Research Findings and Future Priorities. Marketing Science.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.

Nichy Oktaviani. (2018). Pengaruh Diferensiasi, Promosi dan Citra merek terhadap keputusan pembelian Laptop merek AcerUniversitas Putra Indonesia “YPTKâ€. Padang

Rangkuti, F. (2015). Riset Pemasaran (Cetakan Ke-12). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETABandung.

Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winarsih, R., Sudarwati, S., & Hamidah, R. A. (2022). Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas produk (Studi Kasus Penggunaan ERIGO di Surakarta). Jurnal Ilmiah Edunomika, 6(1), 499–506.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Azzahra A, A., Cahyo, R. N., Surya, A, R., Tohirin, T., Dwianggoro, P., Erponis, N. K., … Gultom, J. (2024). Pengaruh Citra Merek, Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Asus Pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 108–112. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35150