Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Dapur Batavia di Tangerang Selatan

Authors

  • Oktaviani Oktaviani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Dede Abdurohman Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Variabel Promosi (X1), Harga (X2), Keputusan Pembelian (Y), dan Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dapur Batavia Di Tangerang Selatan. Metode Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dengan pendekatan deskriptif dan populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 15.264 konsumen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan seluruh jumlah populasi yang berjumlah 99 konsumen sebagai responden. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling. Hasil variabel Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai thitung sebesar 8,380 > ttabel 1,660 dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil dari variabel Harga berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan t hitung sebesar 11,782 > t tabel 1,660 dan nilai sig. < 0,05 (0,000 < 0,05). Hasil variabel Promosi dan Harga secara simultan berpengaruh signifikan Keputusan Pembelian dengan nilai f hitung sebesar 93,233F > 3,092 dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05).

References

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh Promosi, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Produk Rabbani Di Palembang. Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Ekonomi Akuntansi, 4(1), 26-40.

Armayani, A., & Jatra, I. M. (2019). Peran Brand Image Memediasi PromosiDanHarga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Kota Denpasar (Doctoral dissertation, Udayana University).

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar. Konsep & Sasaran pemasaran). Raja Grafindo Persada.

Batubara, M., Silalahi, P. R., Sani, S. A., Syahputri, R. R., & Liana, V. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan PembelianKonsumen Produk Scarlett Whitening: Studi Kasus pada Mahasiswi FEBIUIN Sumatera Utara. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi Keuangandan Bisnis Syariah, 4(5), 1327-1342.

Buchari, A. (2019). Mananjemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga,dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E- commerce ZaloradiJakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200-218.

Firmansyah, M., & Mahardhika, B. (2018). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Depublish Publisher.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Dipenogoro.

Ishak, R. P. (2022). Pengaruh Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembeliandi Kedai Kopi Wargi Bogor. Tourism Scientific Journal, 7(2), 187-199

Kolter, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2. Jakarta: PT Indeks.

Kolter, P., Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 . Global Edition: Pearson.

Kotler, P & Keller, K.L. (2018). Manajemen Pemasaran Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., and Armstrong, G. (2019). Marketing an Introduction. 10th Edition. Indonesia: Perason.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.Tjiptono, Fandy. (2019). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi Pustaka

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tjiptono, F., & Diana, A. (2020). Pemasaran. Andi.

Winarsono & Mulyadi. (2020). Pengantar Manajemen. Purwokerto: CV. Pena Persada

Downloads

Published

2024-08-26

How to Cite

Oktaviani, O., & Abdurohman, D. (2024). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Dapur Batavia di Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 23171–23176. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43367