Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Bedak Muka Tabur Viva Cosmetics pada CV Anugerah Makmur Abadi Tangerang Selatan

Authors

  • Ruth Mariana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Agus Sulaiman Anhary Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Citra Merek, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Muka Tabur Viva Cosmetics Pada CV. Anugerah Makmur Abadi baik secara parsial maupun simultan. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif Asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pembeli atau konsumen bedak muka tabur Viva di CV. Anugerah Makmur Abadi dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang responden. Sedangkan teknik pengumpulan data primer melalui kuesioner yang diolah menggunakan sistem aplikasi SPSS Versi 27. Metode analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, uji t parsial dan uji f simultan. Berdasarkan hasil penelitian uji t diperoleh thitung untuk Citra Merek sebesar 4,731 > ttabel sebesar 1,984 atau signifikansi 0,000 < 0,05, artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan citra merek terhadap keputusan pembelian. Dan thitung harga sebesar 2.995 > ttabel 1,984 atau signifikasni 0,003 < 0,05, artinya secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap keputusan pembelian. Untuk uji f diperoleh fhitung sebesar 13.690 > ftabel 3,09 atau signifikansi 0,000 < 0,05 artinya dapat disimpulkan bahwa variabel citra merek dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Aditama, R. A. (2020). Pengantar Manajemen Teori dan Aplikasi. .

Alma, B. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Amalia, N. (2019). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Mie Endess Di Bangkalan). Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 96-104.

Ani, J. B. (2022). Pengaruh citra merek, promosi dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada e-commerce Tokopedia di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 663-674.

Apriani, S., & Bahrun, K. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Maskara Maybelline. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 2(1), 14-25.

Aseloei, S. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Rumah Makan Dabu-Dabu Iris Fresh Wenang Manado. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). 8(2), 26-33.

Chalil, R. D. (2020). Brand, Islamic Branding, & Re-Branding (1st ed.). Depok: Rajawali Pers.

Darmansah, A., & Yosepha, S. Y. (2020). Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), 15-30.

Dewi, P. S., & Suprati, N. W. (2018). Membangun loyalitas pelanggan melalui kepuasan yang dipengaruhi oleh kualitas produk, persepsi harga dan citra merek (studi pada produk smartphone merek Oppo). Matrik: Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis Dan Kewirausahaan,, 87.

Drucker, P. F. (2021). The Frontiers Of Management: Manajemen Lintas Peluang (Bahasa Ind). PT Elex Media Komputindo.

Ernawati, R. D. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 4(2), 200-218.

Fadilah, N. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Bedak Make Over di Jakarta Barat (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Jakarta).

Fadjri, A., & Silitonga, P. (2019). Pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan digital marketing terhadap kepuasan pelanggan di pizza marzano pondok indah mall 2. EDUTURISMA, 3(2).

Fatmawati, N. (2017). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap proses keputusan pembelian konsumen sepeda motor matic “Honda.”. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan| Journal of Theory and Applied Management, 10(1), 1-20.

Firmansyah, A. (2019). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Qiara Media.

Ghozali, I. (2019). Analisis Multivariat dan Ekonomitrika. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gifani, A., & Syahputra, S. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo Pada Mahasiswa Universitas Telkom. Majalah Bisnis Dan IPTEK, 10(2), 81-94.

Hendro, C. R. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen handphone merek iphone kota semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 7(4), 177-184.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity.Global Edition. Pearson.

Kotler, &. A. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.

Kotler, &. K. (2016). Marketing Management, 15th. Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, &. K. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga: Jakarta.

Kuswanto, H. (2021). Faktor Keputusan Pembelian Konsumen Berdasarkan Citra Merek, Persepsi Waktu, dan Layanan Purna Jual di Trading Company PTA (Kajian Studi Literatur Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 957-966.

Marlius, D., & Jovanka, N. (2023). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen YOU Pada Hasanah Mart Air Haji. Jurnal Economina, 2(2), 476-490.

Pratama, R. (2020). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Robbin, C. (2017). Manajemen (edisi kedelapan). Jakarta: PT Indeks.

Setiadi, N. J., & Se, M. M. (2019). Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen Edisi Ketiga (Vol. 3). Prenada Media.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, D. (2018). Dasar-Dasar manajemen pemasaran (konsep, strategi, dan kasus) Edisi ketiga. Jakarta: CAPS (Center Of Academic Publishing Service).

Supriyadi, d. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis Volume 1. Nomor 1.

Sutiyono. R., B. H. (2020). The Effect of Prices, Brand Images, and After Sales Service Reinforced Bar Steel Products on Consumer Purchasing Decisions of PT. Krakatau Wajatama Osaka Steel. Dinasti International Journal of Education Management and Social Science. 1(6), 945-967.

Tanady, E. F. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek dan Kualitas layanan Terhadap Keputusan Pembelian Tokopedia di Jakarta. Manajemen Pemasaran. 9(021), 113-123.

Tjiptono, F. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakrta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Tjiptono, F. (2020). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Wahyuningsih, D. W. (2019, Agustus). Pengaruh Variasi Produk, Harga, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Membeli Motor Yamaha N-Max di Wonogiri. Edunomika, 03(02).

Widyanto, L., & Albetris, A. (2021). Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bedak Padat Wardah Pada PT Pargon Tecnology and Inovation (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi STIE Graha Karya Muara Bulian), 6(1), 138-145.

Downloads

Published

2024-08-11

How to Cite

Mariana, R., & Anhary, A. S. (2024). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Bedak Muka Tabur Viva Cosmetics pada CV Anugerah Makmur Abadi Tangerang Selatan . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22478–22492. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/42910