Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputuan Pembelian Konsumen Pada Merek Smartphone OPPO (Studi Pada Konsumen Oppo Pada Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Pamulang)

Authors

  • Muhammad Fadli Universitas Pamulang
  • Anisa Awen Universitas Pamulang
  • Imam Ramadhan Universitas Pamulang

Keywords:

Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada merek smartphone Oppo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel purposive. Data primer dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner menggunakan Google Form, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Analisis data dilakukan melalui uji validitas, asumsi klasik, uji reliabilitas, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk, citra merek, dan harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan uji determinasi, didapatkan bahwa koefisien korelasi (R2) memiliki nilai sebesar 0,689 (69%), menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas produk, citra merek, dan keputusan pembelian memiliki hubungan yang kuat. Nilai R Square atau koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 47,4% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh kualitas produk dan citra merek, sementara sisanya sebesar 52,6% dipengaruhi oleh faktor lain di luar lingkup penelitian ini.

References

Breiby, M.A. & Slåtten, T. (2018). The role of aesthetic experiential qualities for tourist satisfaction and loyalty. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 12 (1), 1-14.

Feigenbaum, A. V. (2005). Total Quality Control: Engineering and Management. McGraw-Hill.

Gultom, M. D., Adlina, H., & Siregar, O. M. (2022). The Influence Of Electronic Word Of Mouth And Citra Merek On The Purchase Decision Of Video On Demand Netflix Subscription:(Study on Netflix Users in Tangerang Selatan City). JOURNAL OF HUMANITIES, SOCIAL SCIENCES AND BUSINESS (JHSSB), 2(1), 122–127.

Juran, J. M. (1992). Juran on Quality by Design: The New Steps for Planning Quality into Goods and Services. Free Press.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Prentice Hall.

Novitasari, N. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing, Kualitas produk,Harga, dan Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk fashion (Studi Empiris Pada Brand Fashion Erigo). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Philip, K., & Kevin, K. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jilid Pertama dan Kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Pratama, M. N. (2019). Pengaruh Kualitas produk dan Citra Merek terhadap Keputusan pembelian konsumen pakaian Erigo di Jakarta Utara. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Rangkuti, F. (2015). Riset Pemasaran (Cetakan Ke-12). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rantanen, J. (2017). Celebrity Endorsement in Social Media Marketing

Rusmana, A. M., & Mulyana, D. (2021). Hubungan Membaca Akun Instagram@ wardahbeauty dengan Citra Merek. Prosiding Hubungan Masyarakat, 665–670.

Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2013). The Effecï¸t of Organizational Culture On Lecï¸turers’ Job Satisfaction and Performance: A Research in Muhammadiyah University throughout East Java. International Journal of Learning & Development, 3(3), 1– 18.

Schmitt, & Berndh H. (2010). Experiential Marketing, How to Get Customer to Sense, Feel, Think, Act, Relate, to Your Company and Brands. New York: The Free Press.

Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2020). Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and ProductEndorser fit. International Journal of Advertising, 39(2), 258–281.

Setiawati, M., & Lumbantobing, R. (2017). Pengaruh promosi dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk chitato yang dimediasi oleh brand awareness. Manajemen Bisnis Kompetensi.

Shankar, R. (2017). Principles of Marketing: A South Asian Perspective. Pearson Education.

Shimp, T. A. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Society for Quality Control, 14(2), 39-48.

Solomon, M. R. (2012). Consumer Behavior: Buying, Having, and Being. Pearson Education.

Stanton, W. J., et al. (2011). Fundamentals of Marketing. McGraw-Hill.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA Bandung.

Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Varey, R. J. (2002). Marketing Communication: Principles and Practice. Routledge.

Winarsih, R., Sudarwati, S., & Hamidah, R. A. (2022). Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Citra Merek, Desain Produk Dan Kualitas produk (Studi Kasus Penggunaan ERIGO di Surakarta). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), 499–506.

Zietsman, M. L., Mostert, P & Svensson, G. (2019). Perceived price and service quality as mediators between price fairness and perceived value in business banking relationships: A micro-enterprise perspective. International Journal of Bank Marketing, 37 (1), 2-19.

Downloads

Published

2023-11-04

How to Cite

Fadli, M., Awen, A., & Ramadhan, I. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Harga Terhadap Keputuan Pembelian Konsumen Pada Merek Smartphone OPPO (Studi Pada Konsumen Oppo Pada Fakultas Ekonomi & Bisnis, Universitas Pamulang). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 279–296. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35194