Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Penumpang Mitsubishi Pada Pt. Lautan Berlian Utama Motor Cabang Jakarta Barat

Authors

  • Khoirul Haqiqi Universitas Pamulang
  • Kurniawati Rahayu Universitas Pamulang
  • Hana Fitriani Agustina Universitas Pamulang

Keywords:

Citra Merek, Harga, dan KeputusaN Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Penumpang Mitsubishi Pada PT Lautan Berlian Utama Motor Cabang Jakarta Barat baik Secara Parsial Maupun Simultan. Penelitian ini bersifat deskriprif kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang telah melakukan pembelian mobil penumpang Mitsubishi pada wilayah penduduk di Jakarta barat dan sekitarnya termasuk wilayah depok, bogor, bekasi, tangerang. Dengan sampel Rao purba yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 responden. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, kuesioner, teknik analisis data dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, uji t dan uji f dengan bantuan software SPSS Versi 26. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) Citra Merek berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y=7,081=0,789X1. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,837, nilai koefisie determinasi sebesar 0,700, berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil t hitung 14,824 > t tabel 1,986.dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. (2) Harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan persamaan regresi Y=3,524+1,073X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,874, nilai koefisien determinasi sebesar 0,764, berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil t hitung 17,437 > t tabel 1,986 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05. (3) Citra Merek dan Harga berpengaruh terhadap keputusan pe,belian dengan persamaan regresi Y = 1,055+0,420X1+0,694X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,931, nilai koefisien determinasi sebesar 0,867, berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan hasil Fhitung 302.881 > Ftabel 3,094 dengan signifikan 0,000 < 0,05, maka dalam penelitian ini Ha dapat diterima.

References

Abdullah, Thamrin & Francis, T. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Alma, B,. (2016). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andi Supangat. 2014. Statistik dalam Kajian Deskriptif, Infensi dan Paramatik. Jakarta : Kencana Prenada.

Anoraga. (2016). Manajemen Bisnis. Jakarta: Rincka Cipta.

Arikunto, S. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pelajar. Pustaka.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran Dasar Konsep dan Strategi. Jakarta: Rajawali.

Firli Musfar, T. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran). Bandung: Media Sains Indonesia.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang. Badan Penerbit Universeitas Diponegoro.

Handoko, T, H. (2015). Manajemen, Edisi 2, BPFE.Yogyakarta.

Hasibuan & Malayu, S, P. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit PT Bumi Aksara.

Istijanto. (2014). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Kotler, Philip & Keller (2016). Marketing Manajemen 15th Edition. United State of America: Pearson Education Limited.

Laksana, F. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Depok: Khalifah Mediatama

Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran.

Mangkunegara, A, A., & Prabu, A. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya

Manulang. (2018). Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Robbins, S, C. (2016). Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih. Bahasa: Bob Sabran Dan Devri Bardani. Jakarta: Erlangga.

Santoso, S. (2015). SPSS20 Pengolahan Data Statistik di Era Informasi, Jakarta, PT. Alex Media Komputindo, Kelompok Gramedia.

Sari & Cita, D. (2021). Manejemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sawlani, D, K. (2021). Digital Marketing: Brand Images. Surabaya: Scorpindo.

Schiffman & Kanuk. (2015). Consumer Behavior. 11th Edition. Global Edition. Sedjati, R, S. (2018). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. Deepublish.

Setiadi, J Nugroho. (2015). Perilaku Konsumen Edisi: Revisi. Jakarta:Kencana.

Sudarsono & Heri. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.

Sudjana. (2014). Metode Statistika. Bandung: Tarsido.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Tjiptono & Fandy. (2018). Pemasaran Jasa - Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2023-11-04

How to Cite

Haqiqi, K., Rahayu, K., & Agustina, H. F. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Mobil Penumpang Mitsubishi Pada Pt. Lautan Berlian Utama Motor Cabang Jakarta Barat. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 270–278. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35193