Strategi Pemasaran Melalui Analisis Swot Pada Kedai Kopi di Rempoa

Authors

  • Nur Annisa Ardy Universitas Pamulang
  • Widya Angelina Universitas Pamulang
  • Arya Ramadhan Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian berjudul Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT pada Kedai Kopi di Rempoa. Memiliki tujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh kedai kopi dalam menemukan strategi pemasarannya yang relevan. Penelitian in menggunakan kualitatif dengan obyek strategi pemasaran dengan menggunakan analisis SWOT yaitu menganalisis strategi SO (Strength-Opportunity), ST (Strength-Weakness), WO (Weakness-Opportunity), WT (Weakness-Ancaman). Hasil dari penelitian ini adalah kopi yang berkualitas baik, harga produk lebih murah daripada pesaing,. Faktor lingkungan eksternal yang berpengaruh adalah ketersediaan bahan baku yang memadai dan persaingan dengan kedai kopi lainnya. Hasil analisis SWOT menghasilkan strategi alternatif yang perlu dilakukan oleh kedai kopi ini dalam mengembangkan jaringan pemasaran, meningkatkan kualitas pelayanan, memperkuat kerjasama dengan lembaga pemerintah, memperkuat kegiatan promosi dan periklanan, menetapkan harga untuk menghadapi persaingan, dan menekankan segala kemungkinan biaya kebocoran operasional

References

Afandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Andarini, S. (2021). Strategi Pemasaran dengan Analisis SWOT pada Kopi Zest Sidikalang di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Komputer dan Bisnis, 1-10.

Ardiyansyah, R. (2018). Analisis Kebijakan, Strategi dan Analisis SWOT Pengelolaan Ysaha Rumput Laut Nelayan Daerah Pesisir Pantai Amal KOta Tarakan. Jurnal Metris, 131-138.

Kurniawan, dkk. (2017). Strategi Peningkatan Omset UKM Percetakan dengan Pendekatan Analisis SWOT . Sesindo .

Hery. (2017). Pengendalian Akuntansi dan Manajemen . Jakarta: Kencana.

Hery. (2019). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Grasindo.

Kurniawan. (2018). Pengaruh Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis , 1-7.

Marlius. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis dan Bauran Pemasaran pada PT.Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi.

Martono, N. (2015). Metode Penelitian Sosial. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Noneng, R. (2019). Strategi Pemasaran Melalui Analisis SWOT Pada Perusahaan Kopi Lokal. Jurnal Ecopreneur.

Pratama, Y. (2021). Prinsip Dasar Manajemen Pemasaran. Bojongsari - Purbalingga: Eureka Media Aksara.

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Jakarta: Gramedia.

Sarinah, M. d. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2023-11-04

How to Cite

Ardy, N. A., Angelina, W., & Ramadhan, A. (2023). Strategi Pemasaran Melalui Analisis Swot Pada Kedai Kopi di Rempoa. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 202–208. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35176