Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Keputusan Pembelian Fore Coffee (Studi Kasus Fore Coffee Cipondoh)
Keywords:
Pemasaran, Kopi, Strategi Pemasaran, Minuman, PenjualanAbstract
Seiring dengan tingkat persaingan dalam dunia pemasaran, para pelaku usaha mulai menerapkan strategi bisnis yang relevan. Salah satunya adalah strategi pemasaran, yaitu perencanaan bisnis secara keseluruhan dan strategi untuk mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Bisnis kopi merupakan salah satu bentuk usaha kuliner yang sedang trend dan sangat diapresiasi oleh masyarakat saat ini. Hadirnya beberapa kafe, baik convenience store (Bisnis lokal) maupun kafe waralaba, tidak menghalangi bisnis kafe untuk berkembang. Salah satunya adalah Bisnis Fore Coffee yang beralamat di Cipondoh Tangerang. Fore Coffee (Kopi Fore) merupakan Bisnis kopi modern yang menawarkan berbagai minuman kopi berkualitas tinggi. Seiring menjamurnya Bisnis kopi di Indonesia saat ini, Fore Coffee menerapkan berbagai strategi pemasaran agar penjualan dapat bertahan di pasar yang semakin kompetitif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komponen pemasaran 4P (Producit, Price, People, Place) yang diterapkan oleh Fore Coffee, menganalisis dampak strategi pemasaran 4P yang diterapkan Fore Coffee terhadap kinerja hasil pemasaran dan menjelaskan makna hasil penelitian untuk pengembangan usaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen strategi 4P yang diterapkan Fore Coffee dinilai cukup baik oleh sebagian besar pelanggan dan strategi pemasaran yang diterapkan Fore Coffee juga dapat dinilai konsisten. Kedepannya, cakupan pasarnya diperkirakan akan semakin meningkat.References
Anisa, N., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Dimsum Teh Susi Cabang Desa Cibentang Ciseeng Bogor. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIMAWA). 3(2).
Aprianti, V., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT Gelatik Supra Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen. 2(2).
Aprilliani, S., Supriyatna, W., & Solihin, D. (2023). Pelatihan Meningkatkan Jiwa Berwirausaha pada Santri Ponpes Mathla'ul Hidayah Cisauk. DEDIKASI PKM, 4(2), 174-179. doi:http://dx.doi.org/10.32493/dedikasipkm.v4i2.29747
Gustianto, C. D., Qomaruddin, M. B., & Prastiya, A. (2021). Laporan Kuliah Kerja Magang (Kkm) Pengembangan Marketing Mix Pt. Dua Walad Barokah (Doctoral Dissertation, Https://Repository. Stiedewantara. Ac. Id).
Hidayati, H. (2023). Analisis Sistem Informasi Manajemen Dalam Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Umkm (Studi Kasus Pada Umkm Keripik Makros Jaya Abadi Pontianak). Ar-Ribhu: Jurnal Manajemen Dan Keuangan Syariah, 4(1), 84-91.
Ilham, H. (2023). Pemilihan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Menggunakan Metode Swot Dan Weighted Product Pada Umkm Sambel Pecel Mbak Ti (Doctoral Dissertation, Itn Malang).
Marlius, D. (2017). Keputusan Pembelian Berdasarkan Faktor Psikologis Dan Bauran Pemasaran Pada Pt. Intercom Mobilindo Padang. Jurnal Pundi, 1(1).
Normansya, R., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Jasa Pengiriman pada J&T Express Cabang Taman Tekno Tangerang Selatan. JIMAWA (Jurnal Ilmiah Mahasiswa). 3(1).
Nurcholifah, I. (2014). Strategi Marketing Mix Dalam Perspektif Syariah. Jurnal Khatulistiwa Lp2m Iain Pontianak, 4(1), 73-86.
Rahmawaty, F., & Solihin, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Faw Coffee Victor Kota Tangerang Selatan. Jurnal Ilmiah Swara MaNajemen (Swara Mahasiswa Manajemen), 3(1), 69-80. doi:http://dx.doi.org/10.32493/jism.v3i1.28926
Ridwan, M., & Hanafiah, H. (2021). Analysis Of Coffee Shop Marketing Strategy Om Bewok: Analisis Strategi Pemasaran Kedai Kopi Om Bewok. Indonesian Journal Of Economy, Business, Entrepreneurship And Finance, 1(3), 274-283.
Solihin, D., & Ahyani, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan serta Implikasinya pada Loyalitas Pelanggan. Jurnal Disrupsi Bisnis 6(4).
Solihin, D., & Kamal, F. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dealer Tunas Toyota di Cinere Kota Depok. Jurnal Arastirma, 3(1), 206-216. doi:http://dx.doi.org/10.32493/arastirma.v3i1.32160
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Arief Rahman Hakim, Ramania Putri, Novita Indriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.