ANALISIS PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SEMBAKO RANGKUTI

Authors

  • Nikmah Rangkuti Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Juita Dwi Safitri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Penjualan, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran untuk meningkatkan toko sembako Rangkuti. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif berati penelitian menganalisis data yang dikumpulkan dapat berupa observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah bagian analisis pemasaran untuk meningkatkan penjualan. Berdasarkan strategi pemasaran toko sembako Rangkuti, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Sembako

Rangkuti menggunakan 4P yaitu produk (product),  harga (price), tempat (place), promosi ( promotion). Pada produk yang ditawarkan yaitu gula, tepung, kopi, minuman, rokok, sabun, makanan ringan dan lain-lain. Untuk menentukan produknya toko sembako Rangkuti melihat posisi tempat terlebih dahulu, karena toko sembako Rangkuti memiliki nilai sendiri dalam produk nya serta mengutamakan kualitas produk yang baik dan menarik konsumen. Strategi price Toko Sembako Rangkuti dalam menetapkan harga yang sangat terjangkau dari harga pesaing. Pada strategi place lokasi usaha Toko Sembako Rangkuti juga sangat strategis dekat dengan pemungkiman masyarakat sehingga memudahkan konsumen untuk mengetahui adanya toko sembako Rangkuti tersebut. Karena dengan menggunakan strategi pemasaran yang tepat tentu sangat membantu lagi kelangsungan usaha yang tentunya dapat meningkatkan penjualan pada toko sembako Rangkuti

References

(Hakim, 2023) Fitriani, Q. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO SEMBAKO DI DESA

SIMPAR (Studi Kasus Pada Toko Sembako Munir). Sahmiyya, 2(1), 133– 142.

Hakim. (2023). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Kedai Kopi Siliwangi Juanda 8 Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 11(1), 12–16.

Sope, A. S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Barat, M., Article, I., Article, H., Muna, K., & Mark, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. 1(2), 87–100.

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Analisis Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Sembako Di Toko Berkati. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

(Suparyanto dan Rosad (2015, 2020)Fitriani, Q. (2023). ANALISIS STRATEGI

PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO

SEMBAKO DI DESA SIMPAR (Studi Kasus Pada Toko Sembako Munir). Sahmiyya, 2(1), 133–142.

Hakim. (2023). Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Kedai Kopi Siliwangi Juanda 8 Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 11(1), 12–16.

Sope, A. S., Ekonomi, F., Bisnis, D., Barat, M., Article, I., Article, H., Muna, K., & Mark, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Penjualan. 1(2), 87–100.

Suparyanto dan Rosad (2015. (2020). Analisis Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Sembako Di Toko Berkati. Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.

(Sope et al., 2023)Fitriani, Q. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN

UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO SEMBAKO DI DESA

SIMPAR (Studi Kasus Pada Toko Sembako Munir). Sahmiyya, 2(1), 133– 142.

(Fitriani, 2023)Fitriani, Q. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN TOKO SEMBAKO DI DESA

SIMPAR (Studi Kasus Pada Toko Sembako Munir). Sahmiyya, 2(1), 133– 142.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Rangkuti, N., & Safitri, J. D. (2024). ANALISIS PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PADA TOKO SEMBAKO RANGKUTI. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1936–1945. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40949