Analisis Isi Branding Image Shopee Melalui Kampanye Shopee 11.11 Big Sale Melalui Media Sosial Youtube

Authors

  • Farrel Azhar Universitas Pamulang
  • Febri Aji Nurfahmi Universitas Pamulang
  • Reksa Putra Ramadhan Universitas Pamulang

Keywords:

Brand Image, E-Commerce, Shopee, Social Media, YouTube

Abstract

Pengaruh perkembangan teknologi memiliki dampak pada semua aspek kehidupan. Media sosial adalah hasil inovasi teknologi yang membantu manusia mendapatkan informasi dengan cepat dan efisien. Media sosial juga dimanfaatkan perusahaan untuk membangun brand image yang positif di mata khalayak. Salah satu media sosial yang banyak digunakan di Indonesia adalah YouTube. Platform untuk mengunggah konten video tersebut sukses menduduki peringkat ke-2 dunia dengan pengguna terbanyak.  Pemanfaatan YouTube juga dilakukan oleh e-commerce untuk meningkatkan citra mereknya, salah satunya yaitu Shopee. Shopee melakukan kampanye 11.11 Shopee Big Sale melalui YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif, metode yang digunakan adalah analisis isi kualitatif, dan teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah ada 4 unsur Shopee dalam menciptakan citra merek melalui kampanye 11.11 Shopee Big Sale di YouTube yaitu warna, subjek, musik dan jingle, serta narasi.

References

Ahmad, J. (2018). Desain penelitian analisis isi (Content analysis). Research Gate, 5(9), 1-20.

Fauziah, F. (2020). Strategi komunikasi bisnis online shop “shopee†dalam meningkatkan penjualan. Abiwara: Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), 45-53.

Fitriani, Y. (2021). Pemanfaatan media sosial sebagai media penyajian konten edukasi atau pembelajaran digital. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 5(4), 1006-1013.

https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/7-media-sosial-paling-populer-2023-VXb0M (diakses 12 November 2023)

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/03/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-kuartal-i-2023 (diakses 12 November 2023)

https://goodstats.id/article/negara-dengan-penetrasi-YouTube-tertinggi-indonesia-nomor-berapa-D3SCT#:~:text=Posisi%20ketiga%20ialah%20Indonesia.,Indonesia%20mencapai%20angka%20139%20juta (diakses 12 November 2023)

Malinda, R. (2018). Strategi Membangun Brand Image Pada Produk Handphone OPPO. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 16(2), 74-81.

Nova, F. (2011). Crisis Public Relation, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada), h. 298

Putri, A. W., Sutopo, J. K., & Rahmanto, A. N. (2019). Komunikasi Krisis Kementerian Pertanian Pada Kasus Penggerebekan Gudang Beras PT. IBU (Analisis Isi Kualitatif Menggunakan Situational Crisis Communication Theory). Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(1), 53-70.

Thoyibie, L. (2017). Psikologi Social Meida. Retrieved from komunikasiindonesia.org

Triadi, D., & Darnita, C. D. (2021). Strategi Membangun Brand Image dan Promosi dengan Sosial Media pada UMKM Jawet Sama Arep. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 326-348.

Witi, F. L. (2021). Membangun E-Commerce: Teori, Strategi dan Implementasi. AMERTA MEDIA.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Azhar, F., Nurfahmi, F. A., & Ramadhan, R. P. (2023). Analisis Isi Branding Image Shopee Melalui Kampanye Shopee 11.11 Big Sale Melalui Media Sosial Youtube. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 413–416. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35937