Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo

Authors

  • Alma Fadilla Azhar Universitas Pamulang
  • Imam Afgansyah Universitas Pamulang
  • Nafa Cahaya Andrea Universitas Pamulang
  • Nindia Ellissa Agata Universitas Pamulang
  • Arie Putra Benyamin Universitas Pamulang
  • Arief Rahmanudin Universitas Pamulang
  • Bambang Cahyono Universitas Pamulang
  • Budi Aprianda Universitas Pamulang
  • Budi Haryono Universitas Pamulang

Keywords:

Celebrity Endorser, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh celebrity endorser terhadap keputusan pembelian, bagaimana pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian, serta pengaruh Celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian konsumen Erigo di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengambilan sampel menggunakan purposive teknik pengambilan sampel menggunakan 100 responden sebagai sampel penelitian. Data Primer dalam penelitian ini adalah diperoleh dari penyebaran kuesioner melalui google form, dan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, asumsi klasik uji, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasilnya menunjukkan bahwa Celebrity endorser dan brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian keputusan. Berdasarkan hasil uji determinasi, diperoleh hasil bahwa nilai dari koefisien korelasi (R2) sebesar 0,890 (89%), dimana nilai koefisien korelasi ini menunjukkan bahwa hubungan antara celebrity endorser dan brand image terhadap pembelian keputusan cukup kuat. Nilai R Square atau nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian sebesar 79,1% dapat dijelaskan oleh Celebrity endorser dan variabel citra merek, sedangkan sisanya sebesar 20,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luarnya pelajaran ini.

References

Amstrong, K. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid 1 dan 2 edisi 12. Jakarta: Erlangga.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing: strategy, implementation & practice. Pearson uk.

Febriyanti, R. S., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(5).

Gultom, M. D., Adlina, H., & Siregar, O. M. (2022). The Influence Of Electronic Word Of Mouth And Brand Image On The Purchase Decision Of Video On Demand Netflix Subscription: (Study on Netflix Users in Tangerang Selatan City). JOURNAL OF HUMANITIES, SOCIAL SCIENCES AND BUSINESS (JHSSB), 2(1), 122–127.

Jannah, U. M., Rafidah, R., & Hafiz, A. P. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Rabbani Pada Mahasiswa FEBI UIN STS Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Erlangga

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran, Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 14.

Mubarak, N. (2018). Pengaruh Celebrity Endorser Pada Media Sosial Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Online pada Konsumen Produk Erigo Jakarta melalui Instagram). Universitas Brawijaya.

Novitasari, N. (2021). Pengaruh Sosial Media Marketing, Celebrity Endorser,Harga, dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk fashion (Studi Empiris Pada Brand Fashion Erigo). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Philip, K., & Kevin, K. (2016). Manajemen Pemasaran Edisi 12. Jilid Pertama dan Kedua. Jakarta: PT. Indeks.

Pratama, M. N. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser dan Citra Merek terhadap Keputusan pembelian konsumen pakaian Erigo di Jakarta Utara. Institut Bisnis dan Informatika Kwik Kian Gie.

Rangkuti, F. (2015). Riset Pemasaran (Cetakan Ke-12). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rantanen, J. (2017). Celebrity Endorsement in Social Media Marketing

Rusmana, A. M., & Mulyana, D. (2021). Hubungan Membaca Akun Instagram@ wardahbeauty dengan Brand Image. Prosiding Hubungan Masyarakat, 665–670.

Sangadji, E. M., & Sopiah, S. (2013). The Effecï¸t of Organizational Culture On Lecï¸turers’ Job Satisfaction and Performance: A Research in Muhammadiyah University throughout East Java. International Journal of Learning & Development, 3(3), 1– 18.

Schouten, A. P., Janssen, L., & Verspaget, M. (2020). Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and ProductEndorser fit. International Journal of Advertising, 39(2), 258–281.

Setiawati, M., & Lumbantobing, R. (2017). Pengaruh promosi dan kemasan terhadap keputusan pembelian produk chitato yang dimediasi oleh brand awareness. Manajemen Bisnis Kompetensi.

Shimp, T. A. (2017). Komunikasi pemasaran terpadu dalam periklanan dan promosi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. ALFABETA Bandung.

Sugiyono. (2017). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Winarsih, R., Sudarwati, S., & Hamidah, R. A. (2022). Keputusan Pembelian Ditinjau Dari Brand Image, Desain Produk Dan Celebrity Endorser (Studi Kasus Penggunaan ERIGO di Surakarta). JURNAL ILMIAH EDUNOMIKA, 6(1), 499–506.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Azhar, A. F., Afgansyah, I., Andrea, N. C., Agata, N. E., Benyamin, A. P., Rahmanudin, A., … Haryono, B. (2024). Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk Erigo. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 99–107. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35149