Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan McDonald's

Authors

  • Rohmah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang
  • Salsabilah Safitri Mutakin Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Pamulang

Keywords:

Brand Image, Kualitas Produk, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk mengetahui secara parsial dan simultan dari variabel bebas yaitu Brand Image dan Kualitas Produk terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini dilakukan di McDonald’s. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dalam uji parsial (t) variabel Brand Image berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai sig 0.004 < 0.05 dan t-hitung sebesar 2.989 > t-tabel 1.661. variabel Kualitas Produk berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan dengan nilai sig 0.000 < 0.05 dan t-hitung sebesar 9.886 > t-tabel 1.661. Selanjutnya dalam uji simultan (f) variabel Brand Image dan Kualitas Produk secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel terikat yaitu Loyalitas Pelanggan dengan nilai sig 0.000 < 0.05 dan f-hitung sebesar 97.313 > f-tabel 2.70. Kemudian utuk uji determinasi (R2) dihasilkan bahwa kolerasi antara dua variabel Brand Image (X1) dan Kualitas Produk (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan (Y) sebesar 66,7%. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan.

References

Afnina. Hastuti, Yulia. 2020. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, Vol 9, No 1. Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa.

Al-Fian, Junai. 2016. Manajemen Dan Riset Manajemen, Vol. 5 No. 6 Tahun 2016 Asghar Afshar, Mohammad Ali, Seyed Abbas. 2011. “Study the Effects of Customer Service and Product Quality on Customer Satisfaction and Loyalty.” Vol. 1 No. 7.

Asih & Pratiwi. 2019. Perilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi, Volume I, No 1. Kudus: Universitas Muria Kudus. Barsky, D.J. And Labagh, R. 1992. “A Strategy for Customer Satisfaction: The Cornell Hotel and Restaurant Administration Quarterly”. Volume 33, Issue 5, Pages 32-40

Budiastari, Sita. 2019. The Invluence of Product Quality , PricePerception and Brand Image on Satisfaction and Customer Loyalty Holocim Concrete Readymix in Jakarta. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI). Vol 7, No. 2.

Damayanti, Cintya. 2021. Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Loyalitas Pelanggan DenganKepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening(Studi Pada Konsumen Produk “Supermi” Di KecamatanGenuk Semarang). Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Daryanto, & Setyobudi, I. 2022. Konsumen dan pelayanan prima. Yogyakarta: Gava Media.

Ellitan, Lena. 2022. Membangun Loyalitas melalui Costumer Satisfaction dan Costumer Oriented. Kompak

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Rohmah, & Mutakin, S. S. (2024). Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan McDonald’s. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1738–1748. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40903