Analisis Pemanfaatan Digital Marketing dan E-Commerce dalam Meningkatkan Omset Penjualan Kopi Kenangan Ruko Surya Kencana Pamulang

Authors

  • Claudia Wardhanie Universitas Pamulang
  • Muhamad Dicky Setiawan Universitas Pamulang
  • Muhamad Ihsan Subagyo Universitas Pamulang

Keywords:

Teknologi, E-Commerce, UMKM, Digital, Pemasaran

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah lingkup dunia pemasaran dalam beberapa tahun terakhir ini. Metode pemasaran yang sebelumnya bersifat tradisional dan konvensional, kini telah terintegrasi dalam dunia digital. Salah satu contohnya yaitu E-Commerce. E-Commerce dikenal sebagai pertumbuhan dunia komersial besrbasis online (internet), yang berkembang sangat pesat dalam dua puluh tahun terakhir. Bahkan, negara Indonesia berada di puncak 10 negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Banyak keuntungan yang didapatkan oleh pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) dari bisnis e- commerce. Selain itu, dikarenakan pandemi Covid-19, kebutuhan jual-beli saat ini sangat dipermudah dengan hadirnya e-commerce sebagai media jual-beli. Salah satu pelaku usaha yang saat ini menggunakan e-commerce website yaitu Kopi Kenangan Ruko Surya Kencana Pamulang, dimana website sudah berperan sebagai media promosi dan pemasaran kedai kopi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan ekonomi digital dan pengaruhnya terhadap peningkatan omset penjualan Kopi Kenangan Ruko Surya Kencana Pamulang.

References

Az’mi, Y. U. (2018). “Perpajakan Di Era Ekonomi Digital: Indonesia, India Dan Inggris,â€. Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi.

M. S. Hotana, "Industri E-Commerce Dalam Menciptakan Pasar Yang Kompetitif Berdasarkan Hukum Persaingan Usaha," Jurnal Hukum Bisnis Bonum Commune, vol. 1, no. 1, p. 28, 2018, doi: 10.30996/jhbbc.v0i0.1754

Ma’dika, M. P., Sastrawan, E., & Samudra, S. (2023). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Jaringan Pemasaran Sweet Banana Di Kota Palu. Digital Bisnis: Jurnal Publikasi Ilmu Manajemen dan E-Commerce, 2(1), 366-377.

Muttaqien, F., Cahyaningati, R., Rizki, V. L., & Abrori, I. (2022). Pembukuan Sederhana Bagi UMKM. Indonesia Berdaya, 3(3), 671-680.

Novita, W., & Triadi, Y. (2022). Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 4(1), 152-161.

Purwana, E. S, Dedi, Rahmi, & Aditya. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm). Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani.

Selong, M. T., Renouw, A. A., & Maryen, A. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pada Kedai Tentang Kita Minuman Cokelat Kekinian Kota Sorong. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 11(03), 880-887.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Wardhanie, C., Setiawan, M. D., & Subagyo, M. I. (2023). Analisis Pemanfaatan Digital Marketing dan E-Commerce dalam Meningkatkan Omset Penjualan Kopi Kenangan Ruko Surya Kencana Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 444–451. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35943