Optimasi E-Commerce Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Mengembangkan dan Mempromosikan UMKM
Keywords:
E-commerce, Optimasi, UMKM, Strategi Pemasaran, VisibilitasAbstract
Dalam era digital saat ini, pemasaran melalui e-commerce telah menjadi salah satu strategi yang paling efektif dalam meningkatkan visibilitas dan pertumbuhan UMKM. UMKM yang seringkali memiliki keterbatasan sumber daya dapat memanfaatkan platform e-commerce untuk mencapai audiens yang lebih luas dengan biaya yang lebih rendah. Studi pustaka menunjukkan bahwa optimasi e-commerce tidak hanya berkaitan dengan peningkatan penjualan, tetapi juga dengan penciptaan brand awareness, peningkatan loyalitas pelanggan, dan penguatan posisi pasar. Faktor-faktor kunci dalam optimasi e-commerce meliputi: desain situs yang user-friendly, strategi SEO yang efektif, integrasi media sosial, serta pemanfaatan analitik dan data konsumen untuk personalisasi pemasaran. Dengan menerapkan strategi pemasaran yang tepat melalui e-commerce, UMKM memiliki potensi untuk bersaing dengan perusahaan besar dan mengembangkan pasar mereka secara signifikanReferences
Apridonal, Y., Mardalius, M., & Dristyan, F. (2023). Optimalisasi E-Commerce Sebagai Strategi Bisnis Digital. Journal Of Indonesian Social Society (JISS), 1(2), 86-91.
Baharuddin, S. M., Suriani, S., & Kurniawaty, K. (2023). Optimalisasi Produksi Dan Pemasaran Ukm Kerupuk Amplang Ikan Bandeng Di Kelurahan Takkalasi, Kabupaten Barru Sulawesi Selatan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 6514-6519.
Giyatmi, G., Widiati, E., & Levyda, L. (2022). Optimasi E-Commerce dan Kualitas Kuliner Untuk Mendukung Wisata Kuliner di Provinsi Bangka Belitung. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 83-90.
Hartana, H. (2022). Pengembangan UMKM di Masa Pandemi melalui Optimalisasi Teknologi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Media Ganesha FHIS, 3(2), 50-64.
Hidayat, R. M. (2023). Pelatihan Pengembangan Usaha Dan Optimalisasi Kreativitas UMKM Melalui Digital Marketing Di Kelurahan Kuin Utara Kecamatan Banjarmasin Utara. Jurnal Pengabdian ILUNG (Inovasi Lahan Basah Unggul), 3(1), 72-78.
Izzaturrahmah, L., Ramadhani, M., Mukharromah, N. L., & Hidayati, B. (2021, June). Optimalisasi Ekonomi Kreatif dalam Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan pada Revolusi Industri 4.0: E-commerce Model Approach. In Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, No. 2, pp. 159-172).
Lubis, N. H., Asmara, R. W., Tambunan, A. L., & Yusuf, M. D. (2023). Pemanfaatan e-Commerce Dalam Optimalisasi Penjualan pada UMKM Keripik Sambal Sidempuan Al Fatih. Jurnal Mitra Prima, 5(1).
Mangku, D. G. S., & Yuliartini, N. P. R. (2022). Pengembangan Usaha Umkm Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 10(3), 1-24.
Maylinda, S., & Sari, I. P. (2021). Optimalisasi integrated digital marketing dalam strategi pemasaran UMKM Imago raw honey. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 7(4), 521-533.
Meiyantika, A. S., & Azizah, N. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada UMKM Dapur Keysha di Desa Mranggonlawang. Nanggroe: Jurnal Pengabdian Cendikia, 2(4).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Adisti Dwi Septiyani, Alisia Tiara Pratiwi, Andini Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.