Penguatan Peran Digitalisasi Marketing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pasca Pandemic Covid-19

Authors

  • Asep kurniawan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Aris Ariyanto Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Digitalisasi, Pemasaran Digital, Marketplace

Abstract

Pandemi Covid-19 telah memaksa UMKM untuk beradaptasi dengan pemasaran berbasis digital guna bertahan dan bersaing di pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan digitalisasi marketing pada UMKM pasca-pandemi Covid-19, serta mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi. Data penelitian dikumpulkan melalui survei dan wawancara dengan pemilik UMKM yang telah mengadopsi pemasaran digital, serta ditunjang oleh data sekunder dari laporan dan studi kasus yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas UMKM telah beralih ke platform digital seperti marketplace dan media sosial untuk meningkatkan jangkauan pasar. Namun, tantangan berupa keterbatasan sumber daya manusia yang terampil dan akses ke teknologi digital masih menjadi hambatan. Rekomendasi dari penelitian ini meliputi perlunya dukungan pelatihan dan akses teknologi yang lebih luas bagi UMKM guna memperkuat strategi pemasaran digital mereka.

References

Asosiasi E-commerce Indonesia. (2020). Laporan e-commerce Indonesia 2020. Retrieved from https://www.aes.org/laporan

Bharadwaj, A., El Sawy, O. A., Pavlou, P. A., & Venkatraman, N. (2013). Digital business strategy: Toward a next generation of insights. MIS Quarterly, 37(2), 471-482.

Breiby, M. A., & Slåtten, T. (2018). The role of aesthetic experiential qualities for tourist satisfaction and loyalty. International Journal of Culture, Tourism and Hospitality Research, 12(1), 1-14.

DSInnovate. (2021). Laporan transformasi digital UMKM di Indonesia. Retrieved from https://www.dsinnovate.org/laporan

KIC. (2022). Survei digitalisasi UMKM pasca-pandemi Covid-19. Retrieved from https://www.kic.org/survei

McKinsey & Company. (2020). The digital transformation of small and medium-sized enterprises. Retrieved from https://www.mckinsey.com/industries/small-and-medium-enterprises

Schmitt, B. H. (2010). Experiential marketing: How to get customers to sense, feel, think, act, relate to your company and brands. New York: The Free Press.

Gandung, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Kinerja Dan Prilaku Berorganisasi (Vol. 1). CV. AA. RIZKY.

Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). Leading digital: Turning technology into business transformation. Harvard Business Review Press.

Downloads

Published

2024-11-11

How to Cite

kurniawan, A., & Ariyanto, A. (2024). Penguatan Peran Digitalisasi Marketing Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Pasca Pandemic Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 46–44. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/44729