Komunikasi Pemasaran pada E-Commerce Tokopedia
Keywords:
Komunikasi, Pemasaran, Komunikasi Pemasaran, E-CommerceAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana komunikasi pemasaran bekerja di era digital pada e-commerce Tokopedia. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keingintahuan peneliti mengenai komunikasi pemasaran di era digital pada e-commerce secara lebih luas dan mendalam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dengan “metode kualitatif†adalah suatu proses penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa perkataan atau tulisan orang dan perilaku yang dapat diamati. PT Tokopedia menerapkan Integrated Marketing Communications (IMC) dalam berbagai bentuk kegiatan komunikasi pemasaran untuk membangun loyalitas pelanggan. Bentuk kegiatan tersebut antara lain periklanan, pemasaran langsung, hubungan masyarakat, sponsorship, cinderamata, media sosial, dan website. Dalam periklanan, PT Tokopedia menggunakan media-media dibawahnya seperti flyer iklan, X-banner, baliho, spanduk dan stand POP. Selain itu, PT Tokopedia juga melakukan kegiatan pemasaran langsung, hubungan masyarakat, sponsorship, penjualan dan pengelolaan website. Konten pesan terkait informasi baru tentang Tokopedia untuk pelanggan akan disediakan setiap bulan. Tokopedia selain beriklan di bawah garis, juga beriklan di atas garis, terutama bekerja sama dengan stasiun. Iklan yang muncul di Televisi tentang Tokopedia mempunyai pesan unik dan menarik konsumen dan pedangan untuk melakukan transaksi di Tokopedia. Dengan add-lips yang berada pada setiap iklan Tokopedia menjadikan brand awareness bagi setiap orang yang menyaksikan iklan TokopediaReferences
Afianti, Y., Ramadhani, N. A., Rahmi, A. R., & Madiistriyanto, H. (2023). Pemasaran Digital Efektif Dalam Platform Tokopedia: Studi Kasus. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 1324-1328.
Afianti, Y., Ramadhani, N. A., Rahmi, A. R., & Madiistriyanto, H. (2023). Pemasaran Digital Efektif Dalam Platform Tokopedia: Studi Kasus. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(7), 1324-1328.
Ariska, S. (2023). KOMUNIKASI PEMASARAN ERA DIGITAL: LITERATURE REVIEW TERHADAP STRATEGI ADVERTISING MULTIKANAL MCDONALD’S. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO: Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi, 8(3), 427-443.
Fajar, A. (2017). Implementasi Integrated Marketing Communication (IMC) pada PT Tokopedia dalam Mempertahankan Pelanggan. Komunikasi: Jurnal Komunikasi, 8(3).
Iswari, W. T. (2020). Pengaruh strategi marketing communication terhadap brand image PT Tokopedia. Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 9(2), 24-34.
Ngan, I. V., & Sari, W. P. (2022). Analisis Komunikasi Pemasaran E-Commerce pada Brecht Indonesia. Kiwari, 1(2), 322-329.
Noersabila, E. L., Ardiansyah, A., & Witantra, A. P. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Affiliator Shopee Dalam Mempromosikan Produk. Jurnal Inovasi dan Kreativitas (JIKa), 3(2), 1-12.
Sasmita, A., Ambarita, Y. M., & Putri, A. M. (2021). Strategi Pemasaran Tokopedia dalam Persaingan Antar E-Commerce dengan Analisis SWOT. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3397-3404.
Simamora, E. N., & Aruan, R. V. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMPROMOSIKAN PRODUK MELALUI ONLINE (STUDI DESKRIPTIF KUALITATIF PADA DISTRO TOKO ONLINE “BAHAN OKE MEDAN†DI APLIKASI TOKOPEDIA). JURNAL SOCIAL OPINION: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 6(2), 115-119.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Annisa Arizky Sujayana, Rapika Manurung, Ranggi Priyogatama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.