Analisis Pengaruh Harga Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di “Omi Yapira Mart”

Authors

  • Feby Nurlaela Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Jamiatun Aslamiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Harga; Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga (X) terhadap keputusan pembelian (Y) dan seberapa besar respon dan minat konsumen terhadap harga diskon terhadap keputusan pembelian di Omi Yapira Mart (Jl. AMD, Jl. Anamui, Jl. Kp. Medang, RT.004/RW.003,Suradita, Kecamatan. Cisauk, Kabupaten Tanggerang, Banten 15343). Objek penelitian ini adalah konsumen yang pernah berbelanja di Omi Yapira Mart. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian asosiatif dengan menyebarkan kuesioner yang berisikan pernyataan yang menyangkut seputar topik penelitian kepada responden dengan mengunakan metode non- probability sampling dengan teknik purposive sampling dan ditetapkan sebesar 102 sampel. Penelitian ini diukur menggunakan Skala Likert. Alat analisis dan uji hipotesis pada penelitian ini diuji dengan program SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga (X) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian (Y).

References

Adyatrin , N., Flamela, M., Khairunnisa , F., Pratama, G. D., & Ahidin, U. (2023). Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan. HUMALNIS (Humalnities,Malnalgement alnd Science Proceedings), Volume 3 No 2. Retrieved Oktober 10, 2023

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Aulia, N., & Nabila , V. S. (2022, July 12). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan ( Studi Kasus Pada PT Indofoof. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, dan Manajemen ( JIKEM), Vol 2 , No 2.

Effendy, A. A. (2019, Februari 21). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Azka Toys Pamulang Tangerang Selatan. Open Journal System UNPAM (Universitas Pamulang).

Gitosudarmo, I. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: BPFE YOGYAKARTA.

Hakim, A. A. (2023). Strateegi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Pada Kedai Kopi Siliwangi Juanda 8 Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, Vol 11 No 1.

L. Sinaga. R. Siregar. A. Siregar . (2022). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meninhgkatkan Penjualan Sembako Minyak Goreng Pada Usaha Dagang Jaya karya Siborongborong. Medan: Jurnal Darma Agung.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran (Pertama ed.). Jakarta: Mitra Wacana Media.

Mustafar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran (Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Manajemen Pemasaran ) (Pertama ed.). Tangerang: Media Sains Indonesia.

Putra, E. W. (2016). PENGARUH DISKON TERHADAP MINAT BELI SERTA DAMPAKNYA PADA. urnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 38 No. 2 September 2016|, 38, 184-193.

Rangkuti, F. (2017). Analisis SWOT (dua puluh ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, B. (2020). Manajemen Penjualan (Ketiga ed.). Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Tjahjaningsih, Endang dan Soliha. (2015). Manajemen Pemasaran Tinjauan Teoritis Serta Riset Pemasaran. Semarang: Universitas Stikubank Semarang.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran (Empat ed.). Yogyakarta: Indomedia Pustaka.

Umara, A. D., & Prabowo, B. (2021). Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan pada Cafe Belly Buddy Ngagel Gubeng Surabaya. Jurnal Disrupsi Bisnis Unpam, Vol 4, No 5.

Fadillah, Adil, and Rini Syarif. "Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian." Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan 1.1 (2013): 77-84.

Fadillah, A., & Syarif, R. (2013). Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 1(1), 77-84.

FADILLAH, Adil; SYARIF, Rini. Pengaruh Program Diskon Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2013, 1.1: 77-84.

Purnama, Lina, Tri Suyani, and Nurfitri Eka Hardipamungkas. "Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa online gojek di kota tangerang." Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara 2.1 (2020): 45.

Purnama, L., Suyani, T., & Hardipamungkas, N. E. (2020). Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa online gojek di kota tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 45.

PURNAMA, Lina; SUYANI, Tri; HARDIPAMUNGKAS, Nurfitri Eka. Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa online gojek di kota tangerang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2020, 2.1: 45.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Nurlaela, F., & Aslamiah, J. (2024). Analisis Pengaruh Harga Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di “Omi Yapira Mart”. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1628–1636. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40729