Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Leny Skin Care Citra Raya di Kabupaten Tangerang
Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Leny Skin Care Citra Raya di Kabupaten Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang membeli produk Leny Skin Care di Citra Raya. Sampel ditentukan dengan responden sebanyak 68 responden yang menggunakan rumus Slovin. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner. Metode analisis yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan pembahasan adalah 1) Uji t variabel Kualitas Produk (X1) diperoleh nilai t hitung > t tabel (7.691 > 1.997) dengan Nilai 0,000 < sig 0,05. Dinyatakan bahwa Kualitas Produk (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). 2) Uji t variabel Harga (X2) diperoleh nilai t hitung > t tabel (6.555 > 1.997) dengan Nilai 0,000 < sig 0,05. Dinyatakan bahwa Harga (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y). 3) Nilai f hitung sebesar 43.789 berdasarkan hasil perhitungan uji f simultan memenuhi syarat uji hipotesis simultan: f hitung > f tabel (43.789 > 3.14) dengan nilai 0,000 < sig 0,05. Hasil dari analisis regresi linier berganda yaitu Y = 7.553 + 0.549 X1 + 0.252 X2, menunjukan pengaruh yang positif. Dari analisis koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa Kualitas Produk dan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 57,4%, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian ini. Dalam penelitian ini dijelaskan bahwa adanya hubungan antara Kualitas Produk dan Harga secara positif dan signifikan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Produk Leny Skin Care Citra Raya Kabupaten Tangerang.
References
Afnina, A., & Hastuti, Y. (2018). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 9(1), 21-30.
Amstrong, Kotler (2019) , Kualitas Produk, dasar dan konsep, Edisi 32 : Jakarta.
Aryani Dwi, (2018) Pengaruh Kualitas dan Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan, Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi.
Aslinda, A., Rachma, N., & Primanto, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Rumah Cantik Dita Skincare Kec.Sangkapura Bawean-Gresik. E-JRM : Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 11(21), 36–49.
Assauri,S (2017). “Manajemen Pemasaran “:Dasa,Konsep &Strategi.Jakarta:Raja GrafindoPersada.
Endah Rayi, Jurnal Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan” (Studi Kasus Pada Warung Makan Taman Singosari Semarang), Skripsi: Universitas Yogyakarta, 2016.
Ghozali. (2015). Perilaku konsumen Edisi Revisi.Bandung :Resika.
Hanif Nadia Ulfa, Pengaruh Produk, Harga dan Promosi Terhadap Minat Beli Hijab (Studi Kasus pada Toko Fidza Collection di Desa Mayangkawis Kec. Balen Bojonegoro, Skripsi:Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, (2016).
Hidayat, A., & Hartanto, G. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Bergaransi Distributor Pada PT. Tiga Agung. eCo-Buss, 2(1), 16-29.
Jamalludin, Muhamamad. (2017) “Jurnal Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen” Diakses Jakarta.
Kumara, D., & Marlia, I. (2021). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada pt limas prima steel kota tangerang. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 4(4), 681-690.
Kotler Philip, A B Susanto, (2016), “Manajemen pamasarandi Indonesia”, Jakarta:Selemba Empat.
Kotler Philip. (2017). “Manajemen Pemasaran “, Jilid 2, Jakarta ;PT.Macanan Jaya Cermelang.
Kotler,P. (2017). ”Manajemen Pemasaran “. Jakarta:P T.Indeks.
Kotler ,P.& Keller.(2017). ”Manajemen Pemasaran”, Jilid 11Edisi 12. Jakarta Erlangga.
Palma, K. M., Hapid, H., & Wahida, A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Skincare Fenny Frans terhadap Kepuasan Pelanggan di Kota Palopo. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(5), 2729–2737. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i5.3386.
Prasetio, Bambang dan Jannah, Miftahul . (2016) . Metode Penelitian Kuantitatif. Teori dan Aplikasi. Edisi 1.Jakarta:Rajawali Pers.
Robbins,Stephen P.&Coulter.(2016). ”Manajemen”, Jilid 1 Edisi 13.Jakarta : Erlangga.
Rizquyatul f, Nadia.( 2016). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen. Jakarta.
Sugiyono (2012). Metode penelitian, kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.cv.
Sugiyono (2017). Operasional variabel, Aplikasi analisis. Edisi. 63. Jakarta.
Sugiyono, Umar (2018). Variabel independen atau variasi bebas. Edisi 39 Bandung Alfabeta.
Sugiyono (2018). Populasi dan Sampel.Edisi 130. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.