Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Ayotama Nusantara Mandiri Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan

Authors

  • Alsyafila Aprilia Suandi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Putri Nilam Kencana Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Ayotama Nusantara Mandiri Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel sebanyak 98 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 43,2% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,551 > 1,985). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai koefisien determinasi sebesar 40,3% dan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel atau (8,043 > 1,985). Kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan persamaan regresi Y = 5,821 + 0,445X1 + 0,403X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 55,7% sedangkan sisanya sebesar 44,3% dipengaruhi faktor lain. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (59,736 > 2,700).

References

Abu Bakar, R. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : Alfabeta.

Alma, Buchori (2019) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: CV. Alfabetha.

Alma, Buchori (2021) Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa, Bandung: CV. Alfabetha.

Bunga Pertiwi, A., Ali, H., & Franciscus Dwikotjo Sri Sumantyo. (2022). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan pada E-commerce Shopee. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(2). https://doi.org/10.38035/jim.v1i2.63

Fandy Tjiptono. (2019). Manajemen Pemasaran Analisis Perancangan Straretgi Pemasaran. In Andi Ofset (Vol. 66).

Gaspersz, Vincent. (2021). Manajemen Kualitas Penerapan Konsep-Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. In Manajemen Pemasaran.

Ghozali, I. (2020). Metode Penelitian 3.1. In Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. UNDIP. Semarang. (Vol. 53, Issue 9).

Grandhis, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Rumah Makan Sambal Gami Awang Long Khas Bontang di Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis FISIPOL UNMUL, 3(ISSN 2355-5408, E-ISSN 2355-5416), 237–245.

Hasan, A. (2020). marketing dan kasus-kasus pilihan cetakan pertama. yogyakarta: caps.

Hasibuan, & Malayu. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Edisi Revisi Jakarta: Bumi Aksara.

Hulasoh, E. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan MNC Vision KPP Bogor. JURNAL ILMIAH FEASIBLE: Bisnis, Kewirausahaan & Koperasi, 1(P-ISSN : 2655- 9811, E-ISSN : 2656- 1964), 31–38.

Intan Aulia & Anah Furyanah, (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada CV Langit Biru Tangerang. Lensa Ilmiah: Jurnal Manajemen dan Sumberdaya, 1(2), (EISSN: 2964-7088), 136-141.

Istijanto. (2019). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran: Cara Praktis Meneliti Konsumen dan Pesaing. In Gramedia Pustaka Utama.

James A.F, S. dkk. (2020). Manajemen Jilid II. In PT. Remaja Rosda Karya.

Kencana, P. N., & Kasdiyo, K. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Jasa Service di Dealer Honda Wahana Ciputat. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1)(ISSN : 2580- 3220, E-ISSN : 2580- 4588), 26–37.

Kotler (2019) Manajemen Pemasaran”. Edisi Keempat belas, Jakarta: PT. Indeks.

Kotler dan Armstrong (2019) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Kedua Belas”. Jilid Satu. Jakarta: Erlangga.

Kotler dan Keller (2019) Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Macaman Jaya Cemerlang.

Kotler, A. (2020). Lokasi, Harga, Dan Kualitas Pelayanan. In JurnallEMBAAA A (Vol. 11, Issue 3).

Laksana. (2019). Pengertian Pemasaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Lestari, R. P., Subagyo, S., & Purnomo, H. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan Barokah Laundry. Simposium Manajemen Dan Bisnis II, 2.

M. Anang Firmansyah dan Budi W. Mahardhika. (2019). Pengantar Manajemen. In Pengantar Manajemen.

Maharani, R. A. N., & Alam, I. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada Kebab Salahuddin. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 4(E-ISSN : 2809- 8544), 235–242.

Mee, J. F., & McFarland, D. E. (2019). Management Principles and Practices. Journal of Marketing, 23(4). https://doi.org/10.2307/1247430

Mukarom, Z., & Laksana, M. Wi. (2015). Membangun Kinerja Pelayanan Publik. In Pustaka Setia Bandung.

Mutiawati, C., Suryani, F. M., Anggraini, R., & Azmeri. (2019). Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Jalan Raya. Yogyakarta: Deepublish.

NURYATI, N. G. A. P., MARTA, I. N. G. M., & DEWI, I. G. A. M. P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Padma Herbal Bali Di Kabupaten Tabanan. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 1(ISSN : 2620- 6358), 237–245.

Oktavia, N., Sume, S. A., & Muniroh, L. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Manager: Jurnal Ilmu Manajemen, 3(4)(ISSN : 2654-8623- E-ISSN : 2655-0008), 503-508

Oliver, Richard L. 2020. Whence Loyalty, Journal of Marketing, (Special Issues 2020), vol 63.

Pangaila, P. A., Worang, F. G., & Wenas, R. S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Aplikasi Gojek (Studi Pada Pengguna Layanan Go-Ride di Kota Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4)(ISSN : 2303-1174), 2303–1174.

Priansa. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Ramdan, T., & Sufyani, M. A. (2019). Pengaruh Intellectual Capital, Kebijakan Dividen Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Jasa Sektor Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2012-2017). Doctoral Dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unpas.

Ramdani, C. S. (2022). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN EKUITAS MEREK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PT. LOTTE INDONESIA. SCIENT IFIC JOURNAL of REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 5(4)(P-ISSN 2615- 3009, E-ISSN 2621- 3389), 969–977.

Realino, D., Gula, V. E., & Jelita, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen:(Studi Pada Mahasiswa Pengguna Ojek Konvensional). Lokaw Ati: Jurnal Penelitian Manajemen Dan Inovasi Riset, 1(4)(E-ISSN 2988- 5418; P-ISSN: 2988- 6031), 68–81.

Resa Nurlaela Anwar, & Fiska Ananda Wardani (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Di E-Commerce Shopee. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 8(5), (E-ISSN: 2550-0813, P-ISSN: 2541-657X), 1370-1379.

Runtunuwu, J., Oroh, S., & Taroreh, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Cafe Dan Resto Cabana Manado. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3). https://doi.org/10.35794/emba.v2i3.5973

Salam, R., & Kho, A. (2023). Pengaruh Manajemen Pemasaran Virtual Terhadap Produk UMKM. Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 1(2). https://doi.org/10.34306/mentari.v1i2.272

Santoso, & Harries, &. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August).

SARBOINI, SYAMSUDDIN, N., MARIATI, & JAMIL, M. S. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan KFC di Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 8(1), (E-ISSN: 2579-5635, P-ISSN: 2460-5891), 34-46.

Sari, R. F., & Marlius, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada D’sruput Lapai Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1(SSN: 2614- 6754, ISSN: 2614- 3097), 1801–1812.

Sedjati, R. S. (2021). Manajemen Pemasaran. Deepublish.

Sisca, S., Wijaya, A., Chandra, E., & Ervina, E. (2021). PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK ES KRIM AICE. Maker: Jurnal Manajemen, 7(2). https://doi.org/10.37403/mjm.v7i2.397

Siswanto. (2021). Pengantar Manajemen Cet. 6. In Jakarta: Bumi Aksara.

Sudaryono. (2022). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. In Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sudjana. (2021). Metode Statitika. In Tarsito (Vol. 44, Issue 1).

Sugiono, Prof. Dr. (2020). Penelitian Kuantitatif, Metode Penelitian Kuantitatif. In Google Books (Issue Oktiber 2013).

Sugiono. (2019). Bab III metoda penelitian. In Jurnal Akuntansi dan Keuangan (Vol. 3).

Sugiono. (2021). Metodologi Penelitian Manajemen. In Wood Science and Technology (Vol. 16, Issue 4).

Supangat, S., & Delastri, L. (2023). Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Di Perguruan Tinggi. Journal of Comprehensive Science (JCS), 2(12). https://doi.org/10.59188/jcs.v2i12.556

Syahputra, R. D., & Aslami, N. (2023). Prinsip-Prinsip Utama Manajemen George R. Terry. Manajemen Kreatif Jurnal (MAKREJU), 1(3).

SYAMSUDDIN, N., & JAMIL, M. S. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan KFC di Kota Banda Aceh. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 8(1)(E-ISSN: 2579- 5635, P-ISSN: 2460- 5891), 34–46.

Tjiptono, F. (2020). Pemasaran jasa-prinsip dan penerapan. In Penerbit Erlangga.

Usmara (2021). Strategi Baru Manajemen Pemasaran. Amara Books, Yogyakarta, 2003.

Wijaya, A. (2019). Analisis Pengaruh Celebrity Endorser, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olahraga Adidas di Kota Semarang. In e-Journal: Vol. Vol. 1 (Issue No. 1).

Wijaya, B. A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Cafe Semedulur Klaten.

Zeithaml, V.A., & Bitner, M.J. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK DAN NILAI EMOSIONAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DAN DAMPAKNYA PADA KEPUASAN KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN TUPPERWARE DI KOTA PONTIANAK). Equator Journal of Management and Entrepreneurship (EJME), 7(4). https://doi.org/10.26418/ejme.v7i4.34571

Downloads

Published

2024-08-11

How to Cite

Suandi, A. A., & Kencana, P. N. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT Ayotama Nusantara Mandiri Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22455–22466. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/42908