Bagaimana Kualitas Produk, Layanan, dan Harga berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop?

Authors

  • Delvino Rafiif Gavin Azarya Fakultas Ilmu Administrasi/Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Indonesia
  • Inggang Perwangsa Nuralam Fakultas Ilmu Administrasi/Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Brawijaya, Indonesia

Keywords:

ByCoffee, Loyalitas Pelanggan, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan

Abstract

Coffee shop sendiri sudah menjadi lahan bisnis yang menjanjikan, dimana pertumbuhan coffee shop di Indonesia sendiri telah menjamur di berbagai kota-kota besar termasuk Kota Malang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, layanan dan harga terhadap loyalitas pelanggan pada konsumen By Coffee di Kota Malang. Jenis penelitian ini Kuantitatif dengan populasi seluruh calon konsumen By Coffee Di Kota Malang, karena jumlah populasi tidak diketahui dan sifatnya dinamis maka penentuan jumlah sampel ditentukan dengan rumus Lameshow dan didapat 150 responden. Data merupakan data primer yang dikumpulkan dengan kuisioner. Data kemudian dianalisa dengan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan ByCoffee Malang sedangkan Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan ByCoffee Malang. Terdapat pengaruh secara simultan (bersama-sama) Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan ByCoffee Malang

References

Ananda, AM. 2018. Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Loyalitas Konsumen Kopi Kapal Api Pada Masyarakat Di Kota Palembang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Raden Fatah Palembang

Andrian. 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada Warung Kopi Mini Coffee Di Banda Aceh ). Skripsi. Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Aryani, E. 2022. Analisis Perkembangan Coffee Shop Sebagai Salah Satu Peranan Umkm Di Kota Metro (Study Kasus Pada Coffee Shop Janji Jiwa Dan Coffee Et Bien). Jurnal Akuntansi AKTIVA, Vol. 3, No. 2, p. 140

Basrah, SA. 2012. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen dan Minat Beli Pada Ranch Market. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), Vol. 3, No. 1, pp. 4-6

Bulan, T. P. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Konsumen Pada PT Tiki Jalur Nurgraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan Vol 5 No 2, pp. 594-595

Dulkhatif, D. 2016. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Penyedia Jasa Internet Study PT Noken Mullia Tama Semarang. Journal Of Management, Vol.2, No.2, pp. 11-13

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset

Goetsch David L. dan Davis, Stanley B. 2005. Pengantar Manajemen Mutu 2. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Prenhallindo

Griffin, J. 2016. Customer Loyalty, Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Alih Bahasa Dwi Kartini Yahya. Jakarta: Erlangga

Hasibuan, E. J., Simanjorang, E. F. S., & Helvi, B. 2022. Pengaruh Variasi Produk, Harga, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Rumah Makan Holat Afifah Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu. Managament Insight: Jurnal Ilmiah Manajemen, 17(2)

Kotler, Phillip dan Amstrong, Gary. 2012. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga

Nafik, Siti Syarifatun and Dyan Rahmiati. 2017. Pemaknaan Aktivitas Nongkrong Di Kafe Sebagai Gaya Hidup Modern (Studi Fenomenologi Terhadap Pengunjung Kafe Di Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya

Nafik, Syarifatun, dan Rahmiati, S.Sos., M.Si (2017) Pemaknaan Aktivitas Nongkrong Di Kafe Sebagai Gaya Hidup Modern (Studi Fenomenologi Terhadap Pengunjung Kafe Di Kota Probolinggo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya

Neuman, W. L. 2015. Metodologi Penelitian Sosial : Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta : PT. Indeks

Novitawati, Retno AD., Mahfud, Ari, Dan Sasongko, Totok. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Sanger Warung Kopi Aceh Kota Malang. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akutansi Vol. 7, No. 2, pp. 1-7

Oliver, R. L. 2014. Satisfaction: A Behavioral Perspective on the Consumer. Routledge

Peng, N., & Chen., A. 2015. Diners’ Loyalty Toward Luxury Restaurants: The Moderating Role of Product Knowledge. Journal Marketing and Planning.33 (2): 179-196

Putri, A. F. (2019). Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 3(2),

Putri, F. A., Pentingnya Orang Dewasa Awal Menyelesaikan Tugas Perkembangannya Universitas Negeri Padang.

Ramli (2022) Pengaruh Budaya Nongkrong Pada Masyarakat Urban di Kota Sinjai. Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar.

Ramli, Muh. Fajri. 2022. Pengaruh Budaya Nongkrong Pada Masyarakat Urban Di Kota Sinjai. Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Makassar.

Riduwan. 2014. Metode & Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rifqi, Ridwan. 2022. Loyalitas Pelanggan Melalui Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Promosi Di Coffee Shop Wot Pakarti Surakarta. Universitas Islam Batik Surakarta.

Sola, Kandida Indah. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pada Sakola Factory Outlet Jogja). Skripsi Thesis. Sanata Dharma University.

Sopiah dan Sangadji. E.M. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Andi.

Takeuchi dan Quelch. 2014. Quality Is More than Making a Good Product. Harvard Business Review 61, no. 4 (July–August 1983): l39–l45. (Reprinted in Thomas V. Bonoma, ed., Implementing Marketing Strategies: Part II, Harvard Business Review no. l4072, pp. 77-86.)

Wulf, Kristof D., Gaby Odekerken-Schroder & Dawn Iacobucci. 2011. Investment in Customer Relationships: A Cross-Country and Cross-Industry Exploration. Journal of Marketing, Vol 65, No. pp. 33 – 55

Yulianti, Yanti. 2021. Gaya Hidup Kaitannya Dengan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Minuman Kopi. Agrisep Vol. 17 No. 1

Downloads

Published

2024-05-11

How to Cite

Azarya, D. R. G., & Nuralam, I. P. (2024). Bagaimana Kualitas Produk, Layanan, dan Harga berpengaruh Terhadap Loyalitas Pelanggan Coffee Shop?. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 605–615. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/39242