Cara Memilih Moda Transportasi dalam Strategi Pemasaran dan Pemasaran Online Perusahanaan: Studi Literatur
Keywords:
Moda transportasi, manajemen pemasaran, transportasiAbstract
Pada dasarnya manajemen sudah ada sejak manusia ada, manajemen pada hakekatnya sezaman dengan kehidupan masyarakat, mengapa demikian, karena pada dasarnya manusia dalam kehidupan sehari-hari tidak dapat dipisahkan, berangkat dari prinsip-prinsip manajemen, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik disadari maupun tidak disadari. Transportasi erat kaitannya dengan perkembangan industri pariwisata sebagai sarana penunjang aksesibilitas dalam menjangkau daerah objek tujuan wisata, menurut Sudiarta (2005) akses transportasi dapat meningkatkan perkembangan wisata serta peningkatan jumlah wisatawan. Ketersediaan transportasi khususnya transportasi darat terus menunjukan peningkatan seiring dengan perputaran roda perekonomian, pada periode 2013 – 2017 terjadi peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang cukup tinggi yaitu sebesar 7.40% per tahunnya (BPS, 2018). Manajemen pemasaran merupakan proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta menyalurkan gagasan barang dan jasa untuk mendapatkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran individu dalam organisasi. Untuk mencapai pemasaran yang tepat perlu menganalisis terlebih dahulu faktor lingkungan. Peran pemasaran dalam pembangunan ekonomi dapat dihargai setelah membahas masalah lingkungan dan mengikuti konsep pengelolaan lingkungan. Dalam hal ini, pemasar dituntut untuk berhatihati dalam kegiatan pemasaran mereka yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan tanpa mengorbankan kemampuan generasi mendatang untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri.
References
Amir, M. Taufiq. 2005. Dinamika pemasaran, jelajahi dan rasakan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Farida. Achmad Tarmizi, & Yogi November, Farida., 2016, Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gojek Online, Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Vol. 1, No. 1: 31-40
Indriany. Alvin Widyantoro, & Indra Wangsa, Sylvia, 2019, Analisis Pemilihan Moda dengan Model Multinominal Logit untuk Perjalanan Kerja dari Kota Tangerang Selatan-DKI Jakarta, Portal. Jurnal Teknik Sipil. Vol. 1. No.1: 24-32.
Mulyawan, A.S. 2012. Penentuan Prioritas Kebijakan Untuk Mengatasi Kemacetan Di Kota Bekasi. Tesis. Program Magister Perencenaan Dan Kebijakan Publik. Jakarta: Universitas Indonesia.
Mulyono, Sri. 1996. Teori Pengambilan Keputusan. Jakarta: Lembaga Penerbitan LPFE-UI. Nasution. 1996. Manajemen Transportasi. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Putri, Budi Rahayu Tanama. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar.
S.E.M.B.A, Dr. Basu Swastha Dharmmesta. t.thn. “Peran pemasaran dalam perusahaan dan masyarakat.” 2 (1): 9-10.
Shinta, Agustina. 2011. Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Kawet, Selvie Nangoy Silvya.L. Mandey Lotjey. t.thn. “pengaruh promosi, harga dan distribusi terhadap keputusan pembelian pakaian pada matahari departemen store Manado ( studi kasus di matahari departemen store Manado).” 2 (1): 7-8.
S.E.M.B.A, Dr. Basu Swastha Dharmmesta. t.thn. “Peran pemasaran dalam perusahaan dan masyarakat.” 2 (1): 9-10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.