Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Buku Pustaka 2000 Cabang Kampung Melayu Teluknaga Tangerang

Authors

  • Reni Dwi Utami Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Juhaeri Juhaeri Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Promosi, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi (X1) dan harga (X2) terhadap keputusan pembelian pada Toko Buku Pustaka 2000 cabang Kampung Melayu, Teluknaga, Tangerang baik seluruhnya sekaligus maupun sebagian. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pembeli toko buku Pustaka 2000 selama 1 tahun terakhir yaitu sebanyak 711 orang yaitu pada tahun 2023.Teknik pengumpulan menggunakan sampling slovin dengan tingkat e = 10%  diperoleh sampel sebanyak 88 sampel. Uji regresi sederhana, regresi linier berganda, koefisien korelasi, koefisien determinasi, Uji t parsial, dan Uji F simultan semuanya digunakan dalam pendekatan analisis data. Temuan penelitian menunjukkan hal itu: promosi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan pembelian (Y) Toko Buku Pustaka 2000 cabang Kampung Melayu, Teluknaga, Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan persamaan Y = 23,663+0,679X1. Nilai koefisien determinasi sebesar 16,3%. Nilai t hitung 4,230 > t tabel 1,663 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Toko Buku Pustaka 2000 cabang Kampung Melayu, Teluknaga, Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan persamaan regresi Y = 32,506+0,378X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 05,3%. Nilai t hitung 2,419 > t tabel 1,663 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Pengaruh promosi (X1) harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Toko Buku Pustaka 2000 cabang Kampung Melayu, Teluknaga, Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan persamaan Y= 21,550+0,615X1+0,136X2. Nilai koefisien determinasi sebesar 16,0%. Nilai F hitung 9,261 > F tabel 3,953 dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05.

References

Aditama, R. A. (2019). Pengantar Manajemen Teori dan Aplikasi. Kepanjen: AE Publishing.

Aljabar. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Deepublish. Algifari (2015). Analisis Regresi untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE.

Andi Supangat (2016) Statistika dalam Kajian Deskriptif, Inferensi dan Nonparametrik, Edisi Pertama, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Anisatul Auliya, Y. M. (2021, Juni). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Dalam Penyelenggaraan Cathay Pacific Travel Fair 2020. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 04, No. 3 , 292-301.

Arifin, I. V. (2017, Oktober). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), |Vol. 51 No. 1 , Hal.44-48.

Assauri, S. (2019). Manajemen Pemasaran (Edisi 1 ed.). Depok, Jawa Barat, Indonesia: PT Rajagrafindo Persada.

Bahri, S. (2018). Metologi Penelitian Bisnis-Lengkap dengan Teknik Pengolahan Data SPSS (Edisi 1 ed.). (E. Risanto, Ed.) Yogyakarta, DIY Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Andi.

Fauziah Septiani, R. (2021, Januari). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT Fastrata Buana Bogor. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 4, No.1, 21-27.

Ghozali Imam (2017). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi Kelima. Semarang: Badan Penerbit Undip.

Gilford, J.P (1995). Tratis Creativity Dalam Anderson (2016) Creativity and Its Cultivation, John Wiley, New York.

Hasibuan, Malayu S.P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Haskhory Ginaldho, A. S. (2021, Februari). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Niat Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Air Terjun Way Lalaan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung. Jurnal Pemasaran Kompetitif, Vol. 04, No. 2, 269 – 281.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Konsumen. Surabaya: Unitomo Press.

Istijanto (2016) Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Pertiwi D., dkk. (2021). Pemasaran Jasa Pariwisata. Sleman: Deepublish.

Maria Leonilda N. Wona, T. T. (2020). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Buku Suci Kupang. Hal.63-77.

Purba Rao, (2016). Measuring Consumer Perceptions Through Factor Analysis, The Asian.

Purwandari Suci., dkk. (2022). Manajemen Pemasaran Konsep Pemasaran Digital. Bandung: Media Sains Indonesia.

Robbins, dan Coulter, (2016:33). Pengertian manajemen mengkoordinasi, mengendalikan dan mengawasi kegiatan kerja. Erlangga : Jakarta.

Rohman, A. (2017). Dasar-Dasar Manajemen (Edisi 1 ed.). Malang, Jawa Timur, Indonesia: Inteligensia Media.

Sarinah., dan Mahdalena. (2017). Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Deepublish. Satriadi., dkk. (2021). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Samudra Biru.

Sholikah., dkk. (2021). Manajemen Pemasaran Saat Ini dan Masa Depan. Cirebon: Insania.

Singgih Santoso (2017). Menguasai Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sudjana (2016) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarta.

Sugeng Widodo, C. E. (2021, Februari). Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kalkulator Merek Casio Pada Toko Citra Pasar Senen Di Jakarta Pusat. Jurnal Ilmiah Feasible, Vol.3, No.1, 62-69.

Sugiyono (2017), Metode Penelitian Administrasi : dilengkapi dengan Metode R & D, Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhartanto (2017). Metode Riset Pemasaran. Bandung: Alfabeta.

Sunanto, L. G. (2021, Februari). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Giant Ekstra CBD Bintaro). Jurnal Ilmiah Feasible, Vol.3, No.1, 70-76.

Tjiptono, F. (2015). Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy dan Chandra Gregorius, (2016). Service, Quality, dan Satisfaction. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono, Fandy dan Diana Anastasia, (2019). Kepuasan Pelanggan: Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Tjiptono,F. A. D. (2020). Pemasaran (Edisi 1 ed.). (F. Tjiptono, Ed.) Yogyakarta, DIY Yogyakarta, Indonesia: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Utami, R. D., & Juhaeri, J. (2024). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Buku Pustaka 2000 Cabang Kampung Melayu Teluknaga Tangerang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 23241–23249. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43489