Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Voucher Games PT Telekomunikasi Selular Area Jabodetabek Jabar
Keywords:
Kualitas, Pelayanan, Harga, Kepuasan, PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pengguna Voucher Games di PT. Telekomunikasi Selular, baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan voucher games PT. Telekomunikasi Selular tahun 2021 yang berjumlah 760.645, dengan sampel 100 orang. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai korelasinya sebesar 0.66 yang berarti nilai tersebut mempunyai korelasi yang kuat. Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai korelasinya sebesar 0.67 Yang berarti nilai tersebut mempunyai korelasi yang kuat.. Kualitas Pelayanan dan Harga berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan melihat persamaan regresi Y = 9.321 + 0.312 + 0.425 dengan nilai korelasinya sebesar 0.66 Yang berarti nilai tersebut mempunyai korelasi yang kuat. Dan uji hipoitesis mempunyai nilai F hitung > F tabel (48.329 > 2.700) Yang mempunyai arti terdapat pengaruh signifikan antara Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y).
References
Agustina, R. H. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Cus-Cus Kafe Malang). Ilmiah Riset Manajemen
Alma, B. (2017). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Arianto, N., & Difa, S. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT Nirwana Gemilang Property. Jurnal Disrupsi Bisnis : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Pamulang, 3(2), 108.
Ariyanto, A., Anisah, A., & Narimawati, U. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen Pada Waroeng Spesial Sambal Lippo Karawaci. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 5(1), 371-381.
Bilson, Simamora (2008). Panduan Riset Perilaku Pelanggan. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka
Ferrinadewi. 2017. Pengaruh Keterlibatan Konsumen terhadap Kepercayaan Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Modus Vol. 17. No.1.
Fitriyanto, Eko (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Café Panas Dalam. Skripsi. Universitas Pasundan Bandung.
Hery. 2018. Pengantar Manajemen. Cetakan Pertama. PT Grasindo. Jakarta
Insyroh, W (2018), Kualitas Pelayanan, Harga dan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Telkomsel Flash di Bondowoso, International Journal of Social Science and Business, Vol 2, No 3, P-ISSN: 2614-6533
Kotler dan Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas, Jilid Satu, Erlangga: Jakarta.
Kristian, F., & Ariyanto, A. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Cbn Fiber PT Cyberindo Aditama. Jotika Journal in Management and Entrepreneurship, 2(1), 18-27.
Maulana, A. S. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Textile One Indonesia. Jurnal Ekonomi, 7(1), 123– 125.
Pratama, R. (2020). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Puung, Florensia. K., Fudholi, Achmad., & Dharmmesta, Basu. S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan pada Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di Salon dan SPA. Jurnal Manajemen dan Pelayanan Farmasi,
Rofiah, C. (2017). Kualitas Pelayanan Dan Pengaruhnya Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Di Mediasi Oleh Kepuasan Di Bank Muamalat Jombang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(1), 69–82.
Saladin, Djaslim (2007). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya
Setyani (2016). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan ( Studi Kasus Minimarket Pujomart Samigaluh Kulonprogo Yogyakarta). Skripsi. Universitas PGRI Yogyakarta.
Stanton, William J. (2016). Prinsip Pemasaran. Edisi Ketujuh, Jilid I. Jakarta:Erlangga.
Sudarsono, A., Ariyanto, A., & Akbar, M. F. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan yang berdampak pada Volume Penjualan. Sumber, 145(99.785), 69.
Sugiyono. (2019). Metode Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. (2012). Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Tjiptono, Fandy. (2015) Strategi Pemasaran. Edisi 4, Yogyakarta: CV Andi Offcet
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.