Analisis Penyebab Kebangkrutan PT Tupperware dan Implikasinya Terhadap Strategi Bisnis Perusahaan Sejenis
Keywords:
Kebangkrutan, PT Tupperware, analisis pemasaran, strategi bisnis, inovasi produkAbstract
Di tengah kondisi pasar yang sangat kejam, PT Tupperware, pionir dalam bidang penyimpanan makanan, mengajukan kebangkrutan yang mengejutkan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji alasan di balik kebangkrutan PT Tupperware dan bagaimana dampaknya terhadap perusahaan lain yang beroperasi di industri serupa. Metodologi kualitatif penelitian ini membantu mengidentifikasi sejumlah variabel penting, seperti perubahan selera pelanggan, meningkatnya persaingan merek lokal, dan kurangnya produk inovatif yang mengikuti tren pasar. Selain itu, analisis pemasaran menunjukkan bahwa berkurangnya pangsa pasar adalah akibat dari teknik distribusi dan promosi yang kuno. Berdasarkan temuan penelitian, organisasi serupa dapat memfokuskan inovasi produk dan menyesuaikan taktik pemasaran mereka untuk lebih memenuhi kebutuhan audiens target mereka. Dengan memahami elemen-elemen yang berkontribusi terhadap kebangkrutan Tupperware, bisnis lain dapat menciptakan strategi yang lebih berhasil dalam bertahan dan bersaing di pasar yang terus berubah.
References
Altman, E. I. (1968). Financial ratios, discriminant analysis, and the prediction of corporate bankruptcy. The Journal of Finance, 23(4), 589-609.
Ansoff, H. I. (1957). Strategies for diversification. Harvard Business Review, 35(5), 113-124. -Christensen, C. M. (1997). The innovator's dilemma: when new technologies cause great firms to fail. Harvard Business Review Press.
Hillman, A. J., & Hitt, M. A. (1999).
Corporate political strategy formulation: A model of approach, participation, and strategy decisions. Academy of Management Review, 24(4), 825-842.
Kaplan, R. S., & Mikes, A. (2012). Managing risks: A new framework. Harvard Business Review, 90(6), 48-60.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. SagePublications
Porter, M. E. (1985). Competitive advantage: Creating and sustaining superior performance. Free Press
Yin, R. K. (2014). Case study research: Design and methods (5th ed.). Sage Publications
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.