Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Makanan Di Kantin Universitas Pamulang
Keywords:
Kenyamanan, Kantin, Kebersihan, Ventilasi udara, Kepadatan pengunjung, Universitas Pamulang, Mahasiswa.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap makanan yang disediakan di lingkungan Universitas Pamulang. Aspek yang dinilai meliputi variasi menu, kualitas makanan, harga, kebersihan, dan pelayanan dari penjual makanan di area kampus. Penelitian menggunakan metode survei kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dari berbagai fakultas. Data dianalisis menggunakan skala Likert untuk mengukur tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa cukup puas dengan variasi menu dan harga yang terjangkau, namun terdapat keluhan mengenai kualitas makanan dan kebersihan di beberapa lokasi kantin. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas makanan dan kebersihan sebagai langkah untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa di masa mendatang
References
Marande, Y. (2020). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(1), 33-39.
Nasrulloh, A. A., & Fadillah, I. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan
Pengguna Jasa Barbershop Di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1).
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Tjiptono, F. (2015). Service, Quality & Satisfaction (4th ed.). Andi Offset.
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2017). Services Marketing: Integrating Customer
Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL
Hennig-Thurau, T., & Klee, A. (1997). The Impact of Customer Satisfaction and Relationship Quality on Customer Retention: A Critical Reassessment and Model Development. Psychology & Marketing, 14(8), 737–764.
Oliver, R. L. (1999). Whence Consumer Loyalty? Journal of Marketing, 63, 33–44.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.