Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Makanan Di Kantin Universitas Pamulang

Authors

  • Kriesna Aditya Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Siti Pujiyanti Adha Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Deasyra Azmie Nadzira Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang
  • Ivantan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Pamulang

Keywords:

Kenyamanan, Kantin, Kebersihan, Ventilasi udara, Kepadatan pengunjung, Universitas Pamulang, Mahasiswa.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan mahasiswa terhadap makanan yang disediakan di lingkungan Universitas Pamulang. Aspek yang dinilai meliputi variasi menu, kualitas makanan, harga, kebersihan, dan pelayanan dari penjual makanan di area kampus. Penelitian menggunakan metode survei kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner kepada mahasiswa dari berbagai fakultas. Data dianalisis menggunakan skala Likert untuk mengukur tingkat kepuasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa merasa cukup puas dengan variasi menu dan harga yang terjangkau, namun terdapat keluhan mengenai kualitas makanan dan kebersihan di beberapa lokasi kantin. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan peningkatan kualitas makanan dan kebersihan sebagai langkah untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa di masa mendatang

References

Marande, Y. (2020). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Gebangrejo Kecamatan Poso Kota Kabupaten Poso. Jurnal Ilmiah Administratie, 8(1), 33-39.

Nasrulloh, A. A., & Fadillah, I. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Kepuasan

Pengguna Jasa Barbershop Di Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Tjiptono, F. (2015). Service, Quality & Satisfaction (4th ed.). Andi Offset.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2017). Services Marketing: Integrating Customer

Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). SERVQUAL

Hennig-Thurau, T., & Klee, A. (1997). The Impact of Customer Satisfaction and Relationship Quality on Customer Retention: A Critical Reassessment and Model Development. Psychology & Marketing, 14(8), 737–764.

Oliver, R. L. (1999). Whence Consumer Loyalty? Journal of Marketing, 63, 33–44.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education.

Downloads

Published

2024-12-23

How to Cite

Aditya, K., Adha, S. P., Nadzira, D. A., & Ivantan. (2024). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Pada Makanan Di Kantin Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 4(1), 1224–1230. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/46233