Analisis Kualitas Pelayanan Donor Darah Untuk Meningkatkan Kepuasan Pendonor Darah Di Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Provinsi Dki Jakarta
Keywords:
Kualitas Pelayanan, KepuasanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan donor darah sukarela, dan tingkat hubungan pelayanan petugas dengan pendonor di UDD PMI DKI Jakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional atau survey analitik dengan responden yang merupakan pendonor darah sukarela yang mendonorkan darahnya lebih dari 1 kali yang berusia 18 - 60 tahun. Periode penelitian pada bulan Oktober 2022, dengan jumlah sampel sebanyak 3 pendonor menggunakan teknik sampel purposive sampling.References
KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, https://kbbi.web.id/donor, Diakses 15 Oktober 2022.
Peraturan Pemerintah RI Nomor 7 Tahun 2011 Tentang Pelayanan Darah.
PMI DKI Jakarta. Palang Merah Indonesia (PMI); 2022. https://utdpmidkijakarta.or.id//, diakses 15 Oktober 2022.
Priskoja Amonda, (2020), Tingkat Kepuasan Pendonor Sukarela Terhadap Pelayanan Donor Darah Di UDD PMI Kabupaten Sleman. Karya Tulis Ilmiah
Solihin, D., & Wibawanto, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi terhadap Keputusan Pelanggan dalam Memilih Klub Basket Satria Indonesia Tangerang Selatan. Jurnal Pemasaran Kompetitif 3(3): 30.
Solihin, D., & Ramdani, S.H. (2022). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek Honda (Studi pada PT. Mitra Gemilang Otista di Gerendeng Kota Tangerang). Prosiding Seminar Nasional Manajemen. 1(2).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta