Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen pada Kedai Selow di Taban Jambe Tigaraksa Tangerang
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan KonsumenAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Kedai Slow Di Taban Jambe Tigaraksa Tangerang baik secara parsial maupun secara simultan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling, teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Rao Purba dengan batas kesalahan yang ditorelir sebesar 10% sehingga diperoleh sampel sebanyak 96 responden Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, analisis koefisien korelasi, analisis koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi sederhana Y 4,712 + 0,833 X1. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (10,301 > 1,986). Dengan demikian Ho1 ditolak dan Ha1 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen. Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi sederhana Y = 10,078 + 0,753 X2. Uji hipotesis diperoleh nilai t hitung > t tabel atau (12,261 > 1,986). Dengan demikian Ho2 ditolak dan Ha2 diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan Harga terhadap Kepuasan Konsumen. Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen dengan persamaan regresi berganda yaitu Y = 3,096 + 0,418X1 + 0,514X2. Uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (59,421 > 3,094). Dengan demikian Ho3 ditolak dan Ha3 diterima artinya Artinya terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen.
References
Abdillah, Susilawati, dan Purwanto. (2016). Pengaruh Good Corporate Governance pada Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun (2017-2018). Jounal Riset Mahasiswa Akuntansi 4(1): 1-14
Abdul Gofur, (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan konsumen. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis 1(1).P-ISSN 2527-7502 Hall 37-44 Manajemen dan Bisnis.
Abdul Manap. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Mitra Wacana Media, Jakarta.
Abdullah Thamrin & Tantri Francis. 2018. Manajemen Pemasaran. Depok: Raja Grafindo Persada
Abdullah, T., & Tantri, F. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Abdullah, T., & Tantri, F. (2013). Manajemen Pemasaran Edisi 1 Cetakan 2. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Abdullah, T., & Tantri, F. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT Rajawali Pers.
Abdurrahman, Nana Herdiana. (2019). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia
Aditama. (2020). Pengantar Manajemen. Penerbit AE Publishing.
Ahmadi., 2013., Psikologi Belajar, Prestasi Pustaka, Jakarta.
Ahmed, S., Tarique, K. M., & Arif, I. (2017). Service quality, patient satisfaction and loyalty in the Bangladesh healthcare sector. International journal of health care quality assurance
Aisyah dkk (2020). Manajemen Keuangan Yayasan. Kita Menulis.
Akbar, Hairil, dkk. (2021). Desain Penelitian Mixed Method. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Akbar.R.S.(2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan,Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Konsumen melalui Loyalitas Konsumen Go-Jek. Stei Jakarta.
Alhamda, Syukra dan Sriani, Yustina. (2015). Buku Ajar Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM). Jakarta: Deepublish
Ali Hasan, 2018, Marketing, Media Utama, Yogyakarta.
Ali Hasan. (2018). Jurnal Indovisi; Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan harga Terhadap Minat Beli Pakaian. Indonesoan Indovisi Institute, 1(Iii), 83–104. Diambil dari http://journal.dosenindonesia.org
Ali Hasan. 2018. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Cetakan Pertama. Media Pressdindo. Yogyakarta
Ali Maddinsyah dan Muntamah Jannah (2022). Pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Usaha Mandiri (Jamu keliling) milik Ibu SumarniUniversitas Pamulang. Jurnal perkusi 1(1) ISSn: 2655-3724
Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran dan Permasalahan Jasa. Cetakan Ke 13 CV. Alfa Beta. Bandung
Amanah D. & Harahap D.,A., (2018). “Pengaruh Komunikasi Pemasaran Perusahaan terhadap Kesadaran Merek Pelanggan”. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan. Tahun 11 (03)
Arisandra, M. L. dkk. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Batik Tenun Ikat Di Cv. Silvi Mn Paradila Parengan Maduran Lamongan. Journal of Management Studies, 15. https://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/12511/6125
Assauri, S. 2019. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Atmaja Jaka (2018). KualitasPelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB. Jurnal EcodomicaVol2, No. 1, April 2018.
Besse Arna Wisudaningsi, Dkk (2019) Pengaruh kualitas produk dan Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan menggunakan analisis regresi Universitas Pamulang. Jurnal Statistik dan matematika 1(1). ISSn: 2655-3724
Chrismardani, Y. (2019). Komunikasi Pemasaran Terpadu : Implementasi Untuk Umkm. 8(2), 14.
Cooper, Donald R., Pamela S. Schindler (2017), Metode Penelitian Bisnis, Edisi 12, USA: McGraw-Hill Education (Asia) dan Salemba Empat.
Danang, Sunyoto. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru.
Databoks (2019). Indonesia jadi negara dengan pertumbuhan E-Commerce tercepat didunia.:https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/10/10/tren penguna-e-commerce-2017-2023#. diakses pada 11 Februari 2021
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Gilang Riki Ramadhana, Sugiyono (2022) Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Café Nay Coffee Surabaya Maslikhatul Aulia dan Imam Hidayat. 2017 Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen amanda brownies.
Haerunnisa, Galuh Artika, Lidya Laras Murdiantoro Pratama, Yuliana, Sarwani (2022), Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT Prima Autoworld di bintaro Tangerang selatan. Jurnal perkusi 1(1).
Haerunnisa, Galuh Artika, Lidya Laras Murdiantoro Pratama, Yuliana, Sarwani (2022), Pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen pada PT Prima Autoworld di bintaro Tangerang selatanUniversitas Pamulang. Jurnal Perkusi 1(1).
Handoko, L. P. (2016). The Effect of Product Quality and Delivery Service on Online-customer Satisfaction in Zalora Indonesia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1).
Hery, (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Gava Media
Kasmir. (2017). Customer Service Excellent: Teori dan Praktik. PT Raja Grafindo Persada: Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Putra,Andrie Andhika .(2015). .Pengaruh Motivasi Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi
Riinawati, (2019), Pengantar Teori Manajemen Komunikasi dan Organisai, pustaka baru press, Yogyakarta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung
Sunyoto, D. (2020). Metodologi Penelitian Akuntansi, Bandung: PT Rafika Aditama Anggota Ikapi
Tjiptono. Fandy & Diana. Anastasia. (2019). Kepuasaan Pelanggan-Konsep, Pengukuran, dan Strategi. Yogyakarta : ANDI. ISBN 978 – 623 – 01 – 0194 – 6.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.