Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Restoran Kampung Kita di Wilayah Kota Depok
Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Kampung Kita di Wilayah Kota Depok baik secara parsial maupun simultan. Jenis metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan restoran Kampung Kita di Wilayah Kota Depok. Sampel penelitian ini berjumlah 99 responden yang ditentukan melalui rumus slovin. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner, teknik analisis data dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis parsial (uji t) dan uji hipotesis simultan (uji f) dengan bantuan software SPSS versi 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 2,631 + 0,674 X1, nilai koefisien korelasi sebesar 0,778, nilai koefisien determinasi sebesar 0,605 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil nilai t hitung > t tabel atau (12,180 > 1,984) dengan nilai signifikansi < 0,05 atau (0,000 < 0,05). (2) Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 9,459 + 0,360 X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,554, nilai koefisien determinasi sebesar 0,307 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil nilai t hitung > t tabel atau (6,554 > 1,984) dengan nilai signifikansi < 0,05 atau (0,000 < 0,05). (3) Harga dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y = 0,457 + 0,582 X1 + 0,131 X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,796, nilai koefisien determinasi sebesar 0,634 berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil nilai F hitung > F tabel atau (83,141 > 3,09) dengan nilai signifikansi < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa harga dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada restoran Kampung Kita di wilayah Kota Depok.
References
Arianto. (2021). Komunikasi Pemasaran: Konsep dan Aplikasi di Era Digital. Surabaya: Airlangga University Press.
Budi, P. V., & Yasa, N. N. (2023). Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan, dan Niat Beli Ulang: Konsep dan Aplikasi Pada Studi Kasus. Binangun: Media Pustaka Indo.
Putra, S. R. (2017). Strategi Brilian Tembus Pasar Ekspor. Yogyakarta: Laksana.
Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Tjiptono, F. (2019). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, Penelitian). Yogyakarta: Andi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.