Kajian Kepuasan Pelanggan pada Seblak di Pulau Jawa

Authors

  • Deka Satria Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sofri Editia Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Kepuasan Pelanggan, Seblak, Harga, Citra Rasa, Kualitas Pelayanan, Promosi

Abstract

erkembangan perekonomian dalam era globalisasi yang pesat dan kompetitif telah mendorong bisnis kuliner menjadi salah satu sektor yang diminati karena potensi keuntungan yang besar. Kebutuhan akan makanan sebagai kebutuhan pokok masyarakat menuntut para pelaku usaha kuliner untuk memperhatikan persaingan yang semakin ketat guna menarik minat konsumen. Faktor-faktor seperti harga, citra rasa, kualitas pelayanan, dan promosi menjadi kunci penting dalam memengaruhi kepuasan pelanggan dalam bisnis kuliner. Salah satu produk kuliner yang tengah populer adalah seblak, sebuah jajanan favorit dengan variasi rasa dan penyajian yang beragam. Studi ini mengkaji kepuasan pelanggan terhadap produk seblak di Pulau Jawa dengan fokus pada pengaruh harga, citra rasa, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Melalui metode penelitian kualitatif dan systematic literature review, penelitian ini menemukan bahwa faktor-faktor tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dalam bisnis kuliner seblak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen cenderung lebih memperhatikan kualitas produk dan pelayanan daripada nilai estetik atau artistik dalam menilai kepuasan terhadap seblak. Faktor emosional juga terbukti mempengaruhi kepuasan pelanggan, di mana apresiasi dan penghormatan terhadap konsumen dapat meningkatkan kepuasan mereka. Dengan pemahaman yang lebih baik mengenai faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan dalam bisnis kuliner seblak, diharapkan para pelaku usaha dapat meningkatkan strategi pemasaran dan layanan untuk mempertahankan dan menarik minat konsumen. Studi ini memberikan wawasan berharga bagi pengembangan bisnis kuliner, serta menekankan pentingnya memperhatikan aspek harga, citra rasa, kualitas pelayanan, dan promosi dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada produk seblak. Diharapkan hasil kajian ini dapat menjadi acuan dalam pengembangan bisnis kuliner, khususnya dalam konteks seblak di Pulau Jawa.

References

A., Putri Sakti Fujiyanti., Fasya, Raisya., Sundari, Viona Kesya., Raihana, Ghaisya., Fauzi, Ilham., Ainun, Tina Nur., Husyairi, Khoirul Aziz., & Fatimah, Ai Mas Faidoh (2023). Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Dan Pelayanan Seblak Rorongkong Teh Memey Kota Bogor. Indonesian Journal of Science, 4(2), 163-175. https://jurnal.pusatsains.com/index.php/jsi/article/view/149.

Anjani, Meri., Wulandari, Selvy Yulianti., & Gunawan, Adienurizal Putra. (2022). Pendampingan Penjual Melakukan Analisis yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen UMKM Seblak Tulang Ibu Uun. Eastasouth Journal of Effective Community Services, 1(1), 26-34. https://ejcs.eastasouth-institute.com/index.php/ejecs/article/view/2/1

Kristina, Ola. & Hidayat, Rusno Candra Wahyu. (2022). PENGARUH HARGA, CITRA RASA, KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN SEBLAK MAMANG NDUT KOTA MALANG. Jurnal riset mahasiswa manajemen. Universitas PGRI Kanjuruhan, 10 (2), 14-20. http://ejournal.unikama.ac.id.

Putri, Shelly Rizkita., Ogari, Putri Ayu., & Pusvita, Ema. (2023). STRATEGI DAN PENGARUH KUALITAS PRODUK,HARGA DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN KULINER SEBLAK DI BATURAJA KABUPATEN OGAN KOMERING ULU. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis, 9(2), 1844-1857. https://jurnal.unigal.ac.id/mimbaragribisnis/article/view/10131.

Safitri, Layla. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS, DAN LOKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (Studi pada Warung Makan Seblak Bandung Kembang Desa). (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta). https://eprints.iain-surakarta.ac.id/5945/1/SKRIPSI_LAYLA%20SAFITRI.pdf.

Umah, Widya Inayatul. & Iswati. (2023). Pengaruh Cita Rasa, Kualitas Produk Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Seblak Radja Sidodadi Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, 2(3), 122-128. https://ejurnal.stie-trianandra.ac.id/index.php/jimak/article/view/2147.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Satria, D., & Pratama, S. E. (2024). Kajian Kepuasan Pelanggan pada Seblak di Pulau Jawa. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1079–1088. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40461