Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan pada Usaha Ayam Gepuk Pak Gembus

Authors

  • Aprilliani Aprilliani Universitas Pamulang
  • Murni Rosliana Wati Universitas Pamulang
  • Reza Putra Dwiansyah Universitas Pamulang
  • Ahmad Ari Masyhuri Universitas Pamulang
  • Abdullah Abdullah Universitas Pamulang
  • Abu Yazid Universitas Pamulang
  • Agus Sudiyatmoko Universitas Pamulang
  • Agus Agus Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi, Pemasaran, Penjualan.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dan kendala dalam pemasaran di Kedai Ayam Gepuk Pak Gembus di RSUD Pamulang, Jalan Pajajaran Raya No.27 RT 01/02 Jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kedai tersebut telah menerapkan strategi marketing mix. ata yang dibutuhkan peneliti menggunakan jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber datanya yakni data primer dan data sekunder. Metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan: Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Studi Pustaka. Untuk mengetahui bagaimana strategi digunakan Metode Analisa Swot (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Dari Hasil Analisis Swot, diperoleh bahwa Hasil EFAS (Eksternal Factor Analisys Summary) memperoleh nilai yang dimana Peluang lebih besar dibandingkan nilai ancaman. Nilai IFAS untuk variabel kekuatan dan kelemahan masing-masing diperoleh kekuatan dan kelemahan yang berarti ahwa kekuatan yang dimiliki Usaha Ayam Gepuk Pak Gembus di lebih besar daripada nilai kelemahan yang dimiliki. Dari hasil diagram analisis Swot diperoleh bahwa posisi Usaha Ayam Gepuk Pak Gembus memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan perutumbuhan yang agresif

References

Anwar, S. (2020). Strategi pemasaran Usaha anyaman ketak di kecamatan lingsar kabupaten lombok barat. Agribisnis.

Ikhsan. (2020). Analisis strategi pemasaran dalam meningkatkan penjualan di rumah makan pecak hj. sadiyah cilodong kota depok. kajian ekonomi , 124-149.

Prasetyo, R. &. (2022). Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan pada usaha makaroni kriukzz. Bina Bangsa Ekonomika, 277-281.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Aprilliani, A., Wati, M. R., Dwiansyah, R. P., Masyhuri, A. A., Abdullah, A., Yazid, A., … Agus, A. (2024). Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan pada Usaha Ayam Gepuk Pak Gembus. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 35–40. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35129