Analisis Efektivitas Pemberian Diskon Saat Shopee Live pada Produk Makanan Daerah
Keywords:
Diskon, Shopee Live, Produk, Makanan DaerahAbstract
Perkembangan E-Commerce semakin pesat didukung banyaknya platform online shop salah satunya Shopee. Shopee Live merupakan fitur layanan live streaming penjual untuk mempromosikan produk yang dijual. Dengan adanya Shopee Live ini penjual dan pembeli dapat berinteraksi secara real time karena termasuk pemasaran langsung. Tulisan ini menganalisis efektivitas pemberian diskon saat Shopee Live pada produk makanan daerah yang dijual oleh Ngabret.id. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa fitur live streaming dengan pemberian diskon cukup efektif kepada pembeli karena memberikan dampak langsung terhadap penjual yaitu ngabret.id yang penjualannya menjadi maksimal melalui produk unggulannya tersebut. Diskon dan potongan harga dapat diklaim dan digunakan oleh pengguna ketika live stream agar bisa untuk melakukan pemesanan menggunakan harga yang lebih hemat. Penulis menyarankan ngabret.id untuk sering melakukan interaksi langsung dengan pelanggannya dan selalu beradaptasi menyesuaikan perubahan baik dari segi fitur maupun kebijakan aplikasi Shopee.References
Adinda Ayu Puspita Sari, M. A. (2023, September). Strategi Pemasaran Menggunakan Fitur Shopee Live Streaming Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Daya Tarik Konsumen. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(17), 41-58.
Adya Mulya Prajana, A. S. (2021, Agustus). Pemanfaatan Video Streaming Sebagai Media Pemasaran Pada Fitur Shopee Live. Jurnal Tanra, 8(2), 145-152.
Anggraeni, F. (2016, Juli). Pengaruh Promosi, Diskon Dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Hypermarket Ptc Surabaya . Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5(7), 1-15.
Cahyono, A. S. (2017, Maret 14). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157.
Endhar Widjaya Putra, S. K. (2016, September 2). Pengaruh Diskon Terhadap Minat Beli Serta Dampaknya Pada Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 38(2).
Erwin Permana, F. B. (2023, Oktober). Efektivitas Pemberian Diskon saat Tiktok Live Shopping Produsen. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 7(1), 31-41.
Fitryani, A. S. (2021). Peran Impulsive Buying Saat Live Streaming Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, 6(2), 542-555.
Gunartin, f. P. (2019). Strategi Pemasaran Home Industry Tempe Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Di Kampung Pulo. PEKOBIS Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis, 4(1), 24-34.
Made Resta Handika, G. S. (2018, April). Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer Melalui Media Sosial Instagram. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 15(2), 192-203.
Nana Dyki Dirbawanto, H. A. (2022). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Tingkat Penjualan Di Era New Normal. EcoGen, 5(1), 136-143.
Rahmat, Rani, Anantawikrama Tungga Atmadja, Ak SE, Ni Luh Gede Erni Sulindawati, dan M. SE Ak. 2017. “Transparansi Dan Akuntabilitas Pengelolaan Zakat, Infaq,Shadaqah,(Studi Kasus Pada Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Buleleng).†JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha 7(1)
Rapha Natanael, M. A. (2019). Pembuatan Video Makanan Khas Jawa Timur. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 7(2), 3543-3551.
Rehatalanit. (201). PERAN E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis. Jurnal Teknologi Industri, 5, 62-69.
Riswandi, D. (2019, Mei). Transaksi On-Line (E-Commerce): Peluang Dan Tantangan Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Econetica, 1(1), 1-13
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhamad Adiala Yasmin, Fajar Qobli Ramdhani, Muhamad Alfariji, Nurjaya Nurjaya, Nurmono Nurmono, Oky Aji Pamungkas, Pajar Amin, R Suhenda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.