Pengaruh Live Streaming dan Promo Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vention di Aplikasi Shopee

Authors

  • Sinta Anggraeni Universitas Pamulang
  • R.ihda Nurfayza Universitas Pamulang
  • Zulia Inita Universitas Pamulang

Keywords:

Diskon, Shopee Live, Produk, vention

Abstract

Perkembangan E-Commerce semakin pesat didukung banyaknya platform online shop salah satunya Shopee. Shopee Live merupakan fitur layanan live streaming penjual untuk mempromosikan produk yang dijual. Dengan adanya Shopee Live ini penjual dan pembeli dapat berinteraksi secara real time karena termasuk pemasaran langsung. Tulisan ini menganalisis efektivitas pemberian diskon saat Shopee Live pada produk vention yang dijual oleh stekno id. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa fitur live streaming dengan pemberian diskon cukup efektif kepada pembeli karena memberikan dampak langsung terhadap penjual yaitu ngabret.id yang penjualannya menjadi maksimal melalui produk unggulannya tersebut. Diskon dan potongan harga dapat diklaim dan digunakan oleh pengguna ketika live stream agar bisa untuk melakukan pemesanan menggunakan harga yang lebih hemat. Penulis menyarankan vention untuk sering melakukan interaksi langsung dengan pelanggannya dan selalu beradaptasi menyesuaikan perubahan baik dari segi fitur maupun kebijakan aplikasi Shopee.

Author Biographies

Sinta Anggraeni, Universitas Pamulang

Mahasiswa

R.ihda Nurfayza, Universitas Pamulang

Mahasiswa

Zulia Inita, Universitas Pamulang

Mahasiswa

References

Ayuningsih, N., & Nurdiyah, A. (2022). Pengaruh suasana toko, promosi, dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Mr. DIY Mall Ramayana Cengkareng, Jakarta Barat. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 2(2). https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/1605

Calistia, M., & Andy. (2022). Pengaruh lokasi, promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Tip Top Supermarket Cimone. EMaBi: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 1(3). https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/emabi

Chen, Y., Lu, F., & Zheng, S. (2020). A study on the influence of e-commerce live streaming on consumer repurchase intentions. International Journal of Marketing Studies, 12(4), 48. https://doi.org/10.5539/ijms.v12n4p48

Furqon, M. A. (2020). Pengaruh viral marketing dan turbo marketing terhadap keputusan pembelian Insomia Cafe. Jurnal Inspirasi Bisnis dan Manajemen, 4(1), 79. https://doi.org/10.33603/jibm.v4i1.3311

Ginting, A. K., & Harahap, K. (2022). Pengaruh direct marketing dan product quality terhadap repurchase intention pada live streaming marketing Shopee Live. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 2(2), 851–863.

Hudha, A., Iswantoro, & Mabruroh. (2021). Keterjangkauan teknologi informasi dalam live streaming shopping untuk menciptakan minat pembelian pada e-commerce Shopee. Muhammadiyah Surakarta.

Jasumin, R. J., & Andy. (2022). Pengaruh digital marketing, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Kopi Soe di Kutabumi. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 2(2).

Liealdi. (2020). Pengaruh promosi dan harga terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pada PT. Plaza Auto Serasi "Plaza Toyota Gading Serpong"). Buddhi Dharma.

Novianty, S., & Kusnawan, A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam menentukan pembelian produk melalui aplikasi online Tokopedia. EMaBi: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3(1), 1–10.

Sugiyono. (2017a). Metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Sugiyono. (2017b). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Surniandari, A. (2017). Viral marketing sebagai alternatif strategi pemasaran produk Sariz. Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 1(1), 35–43.

Wijaya, J. A., & Hernawan, E. (2022). Pengaruh promosi, fitur, dan kualitas pelayanan terhadap pemilihan Google Ads sebagai digital marketing. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 1(2), 508–517.

Wijaya, S., & Kusnawan, A. (2022). Pengaruh diskon, promosi, digital marketing, brand image, dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada aplikasi Shopee Kota Tangerang. Prosiding: Ekonomi dan Bisnis, 2(2).

Winda, C. O., & Ayuningsih, N. (2022). Pengaruh sistem aplikasi e-wallet, kualitas produk, dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada KFC Citra Raya. EMaBi: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3(1), 1–10.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Anggraeni, S., Nurfayza, R., & Inita, Z. (2024). Pengaruh Live Streaming dan Promo Diskon Terhadap Keputusan Pembelian Produk Vention di Aplikasi Shopee. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1555–1562. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40706