Peran Pelatihan Dalam Meningkatkan Produktivitas Perusahaan

Authors

  • Aisyah Khairani Universitas Pamulang
  • Bagus Adjie Nugroho Universitas Pamulang
  • Nurul Amalia Universitas Pamulang
  • Lili Sularmi Universitas Pamulang
  • Gunarda Gunarda Universitas Pamulang
  • Rudy Rudy Universitas Pamulang
  • Ruruh Dyatmiko Universitas Pamulang
  • Septi Rostika Anjan Universitas Pamulang
  • Sheila Ardilla Yughi Universitas Pamulang

Keywords:

Perencanaan, Sumber Daya Manusia, Digitalisasi

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran pelatihan, keterikatan kerja terhadap kinerja pegawai pada pegawai pada Industri Penyediaan Jasa Telekomunikasi yang berdomisili di wilayah Jabodetabek. Variabel bebasnya adalah pelatihan, keterikatan kerja, sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja pegawai. Teknik pengambilan sampel yang terdapat dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling, pengujian instrumen data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan penelitian ini ditemukan bahwa pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Selanjutnya pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap work engagement. Kemudian work engagement berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan

References

B. A. P. Akbar, I. M. Magfuri, and D. Apriliasari, “Pelatihan Kewirausahaan di Kampung Literasi Berdaya Saing Menuju Revolusi Industri 4.0,†ADI Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 36–42, 2021.

D. Sapitri and R. Pancasasti, “Efek Moderasi Budaya Organisasi Untuk Peningkatan Kinerja Karyawan,†Technomedia J., vol. 6, no. 2 Februari, pp. 252–262, 2022.

E. Yulianti, “Pengaruh pelatihan terhadap kinerja karyawan grand fatma hotel di tenggarong kutai kartanegara,†E-Jurnal Adm. Bisnis, vol. 3, no. 4, pp. 900–910, 2015.

G. Dessler, “Human Resources Management (Manajemen Sumber Daya Manusia),†Jakarta Indeks, 2015.

K. N. Wexley and G. A. Yukl, “Perilaku Organisasi dan Psikologi Personalia, Alih Bahasa M,†Shobaruddin, Jakarta PT. Rineka Cipta, 2005.

K. Sendawula, S. Nakyejwe Kimuli, J. Bananuka, and G. Najjemba Muganga, “Training, employee engagement and employee performance: Evidence from Uganda’s health sector,†Cogent Bus. Manag., vol. 5, no. 1, p. 1470891, 2018.

L. P. Sinambela, “Kinerja Pegawai Teori Pengukuran dan Implikasi,†Yogyakarta Graha Ilmu, 2012.

N. H. Munthe, F. I. Hartanto, and D. A. Syampurna, “Implementasi Sistem Monitoring Laporan Kerja Praktek Lapangan Berbasis Web Pada SMK Citra Madani Kabupaten Tangerang,†Technomedia J., vol. 6, no. 2 Februari, pp. 212–222, 2022.

N. Zaman et al., Sumber Daya dan Kesejahteraan Masyarakat. Yayasan Kita Menulis, 2021.

R. W. Rachmawati, “pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan PT. bank BJB kantor cabang suci Bandung,†J. Manaj. Dan Pemasar. Jasa, vol. 9, no. 1, pp. 1–16, 2017.

S. Atmadja, “The Effect of New Therapy Zinc on Perinatal Mortality, Prematurity and Placental Ablation,†ADI J. Recent Innov., vol. 3, no. 2, pp. 184–194, 2022.

T. A. Judge and S. P. Robbins, Essentials of organizational behavior. Pearson Education (us), 2017.

T. Ayuninggati, E. P. Harahap, and R. Junior, “Supply Chain Management, Certificate Management at the Transportation Layer Security in Charge of Security,†Blockchain Front. Technol., vol. 1, no. 01, pp. 1–12, 2021.

U. Rahardja, N. Lutfiani, and A. Yolandari, “Penerapan Viewboard Informatif Pada Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia Dalam Era Industri 4.0,†Technomedia J., vol. 3, no. 2 Februari, pp. 224–234, 2019.

Z. S. Puranti, W. Yuwono, and R. Asmara, “Monitoring Proyek Akhir Mahasiswa Berbasis Android Pada Sistem Informasi Manajemen PENS,†Technomedia J., vol. 6, no. 2 Februari, pp. 138–151, 2022.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Khairani, A., Nugroho, B. A., Amalia, N., Sularmi, L., Gunarda, G., Rudy, R., … Yughi, S. A. (2024). Peran Pelatihan Dalam Meningkatkan Produktivitas Perusahaan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 152–159. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35168