Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan

Authors

  • Ami Naomi Universitas Pamulang
  • Sella Aprilliana Universitas Pamulang
  • Lili Sularmi Universitas Pamulang
  • A Asrorudin Universitas Pamulang
  • Yulies Herni Universitas Pamulang
  • Eny Suryani Universitas Pamulang
  • Endah Mawarny Alydrus Universitas Pamulang
  • Dede Abdurohman Universitas Pamulang

Keywords:

Pengembangan, Sumber Daya Manusia, Mutu Pelayanan

Abstract

Judul penelitian ini adalah “Pengembangan Sumber Daya Manusia DalamMeningkatkan MutuPelayanan". Untuk mencapai tujuan dan membangun operasional yang baik dan pelayanan yang baik. Perusahaan harus memiliki karyawan yang unggul dan bertanggung jawab. Hal ini disebabkan oleh kenyataan, pengelolaan sumber daya manusiamerupakan sebuah prosespenting dalam upaya suatu perusahaan untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepadapelanggannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji  taktik pembangunanbakat dan kualitas layanan bagi konsumen yang bekerja di perusahaan. Sifat penelitian inibersifat  Systematic Literature Review (SLR) dan penulis juga menggunakan dokumen-dokumen yang relevan. Prosedur penelitian meliputi: pemilihan topik, pemilihan database, pemilihan kata kunci, seleksi artikel, evaluasi kualitas artikel, analisis data, dan penuliran laporan. Hasil Literature review ini yaitu bahwa pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pelayanan perlu dilaksanakan secara adil, transparan dan dilakukan evaluasi untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan program pengembangan sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pelayanan tersebut.

References

Akhmad, A. Studi Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Manusia Dalam Pelayanan Publik Di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Jeneponto. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 6(2), 136849.

Asy'ari, A. W., & Sukmaningrum, D. A. S. (2022). Strategi Mengembangkan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 2(1), 25-34.

Dewi, R., & Agustian, W. (2022). Analisis Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Pelayanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 5(2), 51-57.

Sulfianna, S., & Sobirin, S. (2023). Mutu Pelayanan Publik Melalui Peningkatan Sumber Daya Manusia Di Kecamatan Mandai Kabupaten Maros. Jurnal Ilmiah Ecosystem, 23(2), 336-344.

Telaumbanua, F. E. Y., Lase, D., & Waruwu, S. (2022). Penerapan Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kepegawaian. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi, 1(2), 320-326.

Yani, A., Ditama, R. A., & Pohan, M. M. (2021). Peningkatan mutu layanan melalui implementasi manajemen sumber daya manusia. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 8(2), 170-179.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Naomi, A., Aprilliana, S., Sularmi, L., Asrorudin, A., Herni, Y., Suryani, E., … Abdurohman, D. (2024). Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pelayanan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 94–98. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35143