Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan

Authors

  • Dicky Andian Sigar Laki Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rif’at Haikal Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Yuda Akbar Fitriyadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Merek; Citra Merek; Pemasaran; Keputusan Pembelian

Abstract

Dalam era bisnis yang kompetitif, tantangan modernisasi dan globalisasi mendorong kemajuan teknologi dengan cepat, menciptakan lingkungan bisnis yang dinamis dan penuh tantangan. Pembangunan citra merek yang kuat dan positif menjadi prioritas bagi kesuksesan bisnis, meskipun terkadang terabaikan dalam upaya mencapai pertumbuhan dan profitabilitas. Merek yang kuat menciptakan identitas dan hubungan emosional dengan konsumen, memengaruhi keputusan pembelian mereka. Persepsi konsumen tentang merek dipengaruhi oleh kualitas produk, harga, desain, dan layanan pelanggan. Pengaruh citra merek pada keputusan pembelian telah menjadi topik penting dalam penelitian pemasaran, karena dapat memengaruhi perilaku konsumen dan kesuksesan merek. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kualitatif deskriptif dan mengumpulkan data dari literatur ilmiah untuk memahami fenomena ini. Strategi penting dalam membangun citra merek yang efektif termasuk menjaga konsistensi branding, memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan, dan berkomunikasi efektif nilai-nilai merek. Pemanfaatan sosial media juga menjadi strategi penting, meskipun menghadapi tantangan seperti mencapai target audiens yang tepat. Membangun brand image yang kuat memerlukan investasi waktu, sumber daya, dan upaya yang berkelanjutan.

References

Ambarwati. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Al Qalam Media Lestari.

Digima. (2023). Mendalami Dimensi Brand Image dalam Dunia Pemasaran. https://digima.co.id/mendalami-dimensi-brand-image

Fadillah, A., Salsabila, Y. N., & Daryanto, A. (2019). Marketing Strategy Analysis Kopi Arabika Specialty (Studi Kasus Pada Cv Frinsa Agrolestari). JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi), 5(1), 1–14. https://doi.org/10.34203/jimfe.v5i1.1324

Farahdiba, D. (2020). Konsep dan Strategi Komunikasi Pemasaran: Perubahan Perilaku Konsumen Menuju Era Disrupsi Dea Farahdiba Mahasiswa Magister Sains Manajemen, Universitas Gadjah Mada. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 8(1), 1–16.

Fatimaningrum. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Frestea. Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 1–13.

Gunawan, D. (2022). Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee Berbasis Social Media Marketing. Inovasi Pratama Internasional.

Ikhtiasari, S. D. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Richeese Factory. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(7), 1–16. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2316

Jokinen, T. (2016). Branding in Social Media and the Impact of Social Media on Brand Image. School of Business and Culture International Business.

Kholidah, N., & Arifiyanto, M. (2020). Faktor-Faktor Pengambilan Keputusan Pembelian. NEM.

Kotler, Philip & Keller, K. (2021). Marketing Manajemen. Prentice Hall.

MEITHIANA, I. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN. Unitomo Press.

Octavia, D., & Arifin, R. (2022). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Merek AQUA (Studi Kasus pada Masyarakat di Kecamatan Pandaan Jawa Timur). Jurnal Riset Manajemen, 2(3), 10–28.

Oktavenia, Kadek Ayu Riska., I. G. A. K. S. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia dengan Citra Merek sebagai Pemediasi. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.

Priansa, D. J. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Pustaka Setia Bandung.

Putri, B. A., & Hidayati, T. (2018). Pengaruh Persepsi Public Relation, Kepercayaan dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Dinamika Manajemen Dan Bisnis, 1(2). https://doi.org/10.21009/jdmb.01.2.04

Rahayu. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek.

Rahman, F. (2023). Marketing Public Relations Starbucks Indonesia dalam Membangun Loyalitas Customer. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 6(1), 50–75. https://doi.org/10.33367/kpi.v6i1.3737

Santoso. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Geprek Bensu Rawamangun). 130.

Santoso, A. B., Wijayanti, I., & Romadon, S. (2022). Strategi Sosial Media Dana.Id Dalam Meningkatkan Brand Image (Studi Kasus Content Creative 4.0 di Instagram). Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(4), 73. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i4.1936

Sawlani, D. K. (2021). DIGITAL MARKETING: BRAND IMAGES. Scopindo Media Pustaka.

Schiffman, L., & Kanuk, L. L. (2008). Perilaku Konsumen. Indeks.

Surya putra, I. G., A. W. (2023). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Harga dan Life Style Terhadap Keputusan Pembelian. WidyaAmrita: Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 3(2), 343–351.

Downloads

Published

2024-06-07

How to Cite

Laki, D. A. S., Haikal, R., & Fitriyadi, Y. A. (2024). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1115–1122. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40474