Analisa Keunggulan Bersaing UMKM Berbasis Digital Marketing (Studi Kasus Pada Sava Kopi Pamulang)

Authors

  • Andini Putri Universitas Pamulang
  • Alsyafila Aprilia Suandi Universitas Pamulang
  • Rival Tri Septiana Universitas Pamulang

Keywords:

Persaingan, Promosi, Pemasaran, UMKM, Digital

Abstract

Di era seperti sekarang ini, persaingan dalam dunia industri semakin ketat dan tinggi. Semua negara harus memiliki keunggulan kompetitif agar tidak tertinggal. Tidak hanya bersaing dengan kompetitor dalam negeri, namun juga banyak bersaing dengan kompetitor luar negeri yang sudah masuk ke industri dalam negeri. Negara berkembang seperti Indonesia tidak bisa hanya mengandalkan perusahaan besar sebagai motor penggeraknya, namun juga memerlukan peran serta UMKM yang mempunyai peranan penting dalam pembangunan dan pertumbuhan ekonomi, karena kontribusinya terhadap pertumbuhan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja yang signifikan. Seiring berkembangnya persaingan yang ada, maka diperlukan beberapa hal-hal baru guna dapat bersaing dengan para kompetitor, contohnya promosi melalui internet atau Digital Marketing. Digital Marketing telah menjadi sebuah bidang pemasaran yang sedang naik daun. Selain lebih hemat, strategi Digital Marketing juga menawarkan kemudahan dalam menjangkau pangsa pasar yang lebih luas untuk mempromosikan produk atau jasa. Maka dari itu, promosi melalui internet bukan lagi hal aneh di era digital seperti saat ini. Apalagi saat ini hampir semua orang memiliki media sosial. Tidak hanya bertujuan menjangkau pasar potensial yang lebih luas, pemasaran digital juga dinilai dapat meningkatkan kesadaran produk.

References

Alamsyah, D. P. (2016). Pentingnya external factors untuk keunggulan bersaing industry energy baru terbarukan. Jurnal Ecodemica, 4(1), 1–14.

Eko, M. (2020). METODE PENELITIAN KUALITATIF (Teori dan Aplikasi disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat UPN â€Veteran†Yogyakarta Press.

Pranoto, HI (2023). Peran Signifikan Media Sosial Terhadap Pemasaran Produk Kemasan UMKM Pada Daerah Karawang. Jurnal Ekonomi dan Manajemen, journal.amikveteran.ac.id,

Purwidiantoro Moch Hari Dkk, “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Penggunaan Media Sosial Terhadap Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM)â€, dalam Jurnal, EKA CIDA. Vol. 1 No. 1, Maret 2016.

Ramadhani, S. E., Supangkat, D. A., & Febrianita, R. (2022). Pemanfaatan Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 3(1), 47–56.

Yuniarti, E. N. I. (2020). Analisis Biaya Kualitas Dalam Meningkatkan Daya Saing Industri Rotan Menuju Program Making Indonesia 4,0. Jurnal Riset Akuntansi Dan Manajemen, 9(1), 38–44.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Putri, A., Suandi, A. A., & Septiana, R. T. (2023). Analisa Keunggulan Bersaing UMKM Berbasis Digital Marketing (Studi Kasus Pada Sava Kopi Pamulang). Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(1), 428–435. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/35940