Strategi Pemasaran Pada Bengkel Motor "Sahabat Motor" Untuk Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Melalui Analisis SWOT
Keywords:
Strategi Pemasaran, Kepuasan Konsumen, Analisis SWOTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang digunakan pada bengkel motor "Sahabat Motor" untuk meningkatkan kepuasan pelanggan mereka. Analisis ini didasarkan pada kerangka Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman (SWOT), yang merupakan sebuah alat yang banyak digunakan dalam perencanaan strategis. Studi tersebut menemukan bahwa bengkel motor dapat meningkatkan kepuasan pelanggan mereka dengan berfokus pada keunggulan yang mereka miliki, seperti dengan memberikan layanan berkualitas tinggi, menjaga sopan santun kepada para pelanggan dan menjaga bengkel tetap bersih, terorganisir dan rapih. Mereka juga dapat memanfaatkan peluang yang mereka miliki, seperti menawarkan program loyalitas dan bermitra dengan dealer mobil atau motor lokal yang dekat dengan mereka. Namun, studi ini juga mengidentifikasi kelemahan, seperti tingginya biaya tenaga kerja dan terbatasnya anggaran pemasaran yang ada, serta ancaman, seperti persaingan dari pendatang baru dan perubahan peraturan peraturan pemerintah. Berdasarkan temuan penelitian, penelitian memberikan rekomendasi bagi bengkel motor "Sahabat Motor" untuk meningkatkan strategi pemasaran dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
References
Armstrong, G., & Kotler, P. (2016). Marketing: An Introduction. Pearson Education Limited.
Jobber, D., & Ellis-Chadwick, F. (2016). Principles and Practice of Marketing. McGraw-Hill Education.
Kotler, P., Kartajaya, H., & Setiawan, I. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital. John Wiley & Sons.
McCarthy, E. J. (1960). Basic marketing: A managerial approach. Journal of Marketing, 24(1), 71-72.
Shinta, Agustina. Manajemen pemasaran. Universitas Brawijaya Press, 2011.
Wijaya, Hartadi. "Penerapan strategi pemasaran di toko atiq homeklik dalam meningkatkan kepuasan pelanggan dengan metode analisis swot." Journal of Industrial Engineering & Management Research 3.6 (2022): 61-72
Andini, Siska Fitri, and Minto Waluyo. "Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan dengan Metode CSI dan Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran." Juminten 3.1 (2022): 73-84.
Aini, Fadhilah Nuzul, Maya Purnama Sari, and Cecep Yandi. "Analisis SWOT Pengelolaan Digital Marketing pada Brand DIOR untuk Kepuasan Konsumen." Jurnal Pendidikan Multimedia (Edsence) 3.2 (2021): 103-110.
Nugroho, Andika Bayu, and Didi Samanhudi. "Analisis Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Servqual Dan Merancang Strategi Pemasaran Dengan Metode Swot Pada Restoran Xyz." Juminten 1.5 (2020): 13-24.
Juwita, Ari. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada Usaha Furniture di Some Renders Madiun. Diss. IAIN Ponorogo, 2019.
Firmansyah, Fani, and Kotijah Fadilah Abdilah. "Analisis SWOT dalam penentuan strategi pemasaran produk pembiayaan pada PT. Panin Bank Syariah, Tbk. kantor cabang Malang." Jurnal Ekonomi Modernisasi 10.2 (2014): 77-96.
Juret, Abdurrahman, Yanuar Pandu Negoro, and Hidayat Hidayat. "Analisis Kepuasan Pelanggan Produk Abon Ikan di UMKM Babonsenyum dengan Metode SERVQUAL dan SWOT." Jurnal Serambi Engineering 8.4 (2023).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.