Dampak Adanya E-Commerce terhadap Peningkatan Penjualan UMKM

Authors

  • Alya Ariani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rifky Sandya Adabi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Sahda Aulia Abhinaya Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

E-commerce, Pemasaran, Penjualan, Positioning, Segmenting, Targeting, UMKM,

Abstract

Pedagang secara alami ingin meningkatkan setiap aspek bisnis mereka untuk meningkatkan profitabilitas mereka. Salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan adalah menyiapkan sistem perdagangan elektronik. Sistem yang mudah digunakan yang memastikan kemudahan penggunaan yang optimal bagi konsumen yang akan mendapat manfaat dari bantuan selama transaksi penjualan. Tujuan dari artikel ini adalah untuk memahami pengaruh penggunaan E-commerce terhadap profitabilitas pemilik bisnis serta keuntungan E-commerce terhadap kemudahan konsumen dalam berbisnis secara online. Salah satu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif berdasarkan tinjauan literatur dengan topik manajemen penjualan media e-commerce. Metode penulisan artikel ilmiah ini didasarkan pada metode penelitian kualitatif dan tinjauan literatur, atau penelitian kepustakaan. Penggunaan media e-commerce memberikan dampak positif bagi profitabilitas pemilik bisnis dan memudahkan pekerjaan mereka, terutama bagi pelanggan saat melakukan transaksi. Penggunaan e-commerce memungkinkan akses 24 jam ke toko, keamanan dan kenyamanan selama proses transaksi, dan kemudahan promosi yang memfasilitasi komunikasi pelanggan yang lebih cepat, akses pasar global, kepuasan pelanggan, dan tentu saja, peningkatan omzet penjualan.

References

Maryama, S. (2013, Januari-Juni) Penerapan E-commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha. Jurnal Liquidity STIE Ahmad Dahlan Jakarta, Vol.2, no 1 hlm, 73-79.

Yusuf, M., Sutrisno., Putri, N. A. PA., Asir, M., & Cakranegara., A. P. (2022, April) Prospek Penggunaan E-commerce Terhadap Profitabilitas Dan Kemudahan Pelayanan Konsumen. Jurnal Darma Agung, Vol. 30, No.1

Ikhsan, M., & Hasan, M. (2020). Analisis Dampak Penggunaan E-Commerce dalam Meningkatan Omzet Penjualan UMKM di Kota Makassar. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 1(1), 39-46.

Sudirjo, F., Purwati, T., Widyastuti., Budiman, U. Y., & Manuhutu, M. (2023) Analisis Dampak Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol. 7, No. 2 hlm, 7524-7532

Ardiansyah, T. (2020). Model Platform E-Commerce Dalam Mendukung Kesuksesan UMKM Di Indonesia. Jurnal Usaha, 1(1), 1-12.

Febriantoro, W. (2018). Kajian dan strategi pendukung perkembangan ecommerce bagi UMKM Di Indonesia. Jurnal Manajerial, 17(2), 184.

Purnama, N. I., Putri, L. P., & Bahagia, R. (2021). Analisis E-commerce Dalam Membantu Penjualan UMKM di Tengah Pandemi. Ekonomikawan: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, 21(2), 194-200.

Sugiarti, Y., Sari, Y., & Hadiyat, M. A. (2020). Peranan E-Commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Sambal Di Jawa Timur. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 298-309.

Downloads

Published

2024-05-22

How to Cite

Ariani, A., Adabi, R. S., & Abhinaya, S. A. (2024). Dampak Adanya E-Commerce terhadap Peningkatan Penjualan UMKM. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 696–703. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/39613