Analisis Strategi Manajemen Pemasaran pada Aplikasi Shopee

Authors

  • Reyhan Saputra Universitas Pamulang
  • Niti Rahayu Ningrum Universitas Pamulang

Keywords:

E-Commerce, Shopee, Strategi Pemasaran

Abstract

Kemajuan inovasi web semakin hari semakin berkembang pesat. Dengan pesatnya inovasi web, maka desain belanja masyarakat Indonesia pun ikut bergerak. Kegiatan belanja yang tadinya hanya bisa dilakukan melalui toko-toko kini dilakukan dengan menggunakan teknologi internet yang dikenal dengan belanja online. Belanja online dapat dilakukan melalui aplikasi terkomputerisasi yang dikenal dengan aplikasi e-commerce. Salah satu e-commerce yang terkenal di Indonesia adalah Shopee. Dalam hal ini terdapat rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran pada aplikasi Shopee. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR), yang mengandalkan penelitian kepustakaan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan temuan survei, tujuan manajemen pemasaran adalah untuk mempromosikan bisnis kepada masyarakat umum. Produk dari Shopee berkualitas tinggi dengan harga pantas. Platform Shopee menawarkan diskon bulanan, harga murah, dan pengiriman gratis untuk menarik lebih banyak pelanggan selain tampilannya yang lebih baik.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Evi, M., Dewi, L., O., & Amarjupi, D., S. (2022). Pengaruh Strategi Marketing E-Commerce Shopee Dan Media Tiktok Dalam Perspektif Nilai Edukasi. Manajemen, Hukum & Bisnis, Vol 6, No 3.

Kotler, Philip and Amstrong, Gary. 2012. Principles Of Marketing. Global Edition. Harlow: Person Education.

Kotler, Phlip And Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management.15 Th Ed. New York: Pearson Education Limited.

Laudon, K., & Traver, C. G. (2014). E-Commerce 2014; 10th Edition. https://www.pearson.com/us/higher-education/product/Laudon-E-Commerce-2014-10th-Edition/9780133024449.html

Nadiansyah, F., S., Indrawan, R., & Almujab, S. (2022). Analisis Strategi Promosi E-commerce Shopee Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, Vol 6, No 1.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Swastha, B. (2020). Manajemen Penjualan (Ketiga ed.). Yogyakarta: BPFE-YOGYAKARTA.

Suswanto, P., & Setiawati, S. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SHOPEE DALAM MEMBANGUN POSITIONING DI TENGAH PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol 3, No 2.

Tjiptono, Fandy. 2016. Strategi Pemasaran, Edisi ketiga.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Utami, C., & Jahar, A. S. (2021). Tinjauan Scoping Review Dan Studi Kasus. 9(2), 152–172

Wulandari, A., & Anwar, K. (2021). Analisis Manajemen Pemasaran Pada Aplikasi Shopee Dan Tokopedia. Akuntansi Bisnis dan Keuangan, 3.

Widodo, D., Y., & Pratama, Prasetyani, H. (2022). Pengunaan Shopee sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Daya Jual Produk sebagai Narahubung Sosial Marketing. Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering, 2(2), 12-17.

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

Saputra, R., & Ningrum, N. R. (2024). Analisis Strategi Manajemen Pemasaran pada Aplikasi Shopee. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 767–778. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40225