Pengaruh Variasi Produk dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Primafood Internasional (Prima Freshmart) Cabang Curug Depok

Authors

  • Zhafarina Ramadhani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Dede Solihin Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Variasi Produk, Promosi, Minat Beli Konsumen.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi produk dan promosi terhadap minat beli konsumen baik secara parsial maupun secara simultan pada PT Primafood Internasional (Prima Freshmart) Cabang Curug Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, uji koefisien korelasi, uji regresi linier sederhana, uji regresi linier berganda, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji t, dan uji f dengan menggunakan SPSS 27. Berdasarkan hasil penelitian, secara parsial variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, dibuktikan dengan persamaan regresi linier sederhana Y = 3,769 + 0,819X1, nilai koefisien korelasi sebesar 0,783. Nilai koefisien determinasi sebesar 61,3% dan hasil uji t dengan nilai thitung > ttabel (3,973>1,984). Promosi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan nilai persamaan regresi linier sederhana Y=-0,331+0,789X2, nilai koefisien korelasi sebesar 0,863. Nilai koefisien determinasi sebesar 74,4% dan hasil uji t dengan nilai thitung > ttabel (8,574>1,984). Secara simultan variasi produk dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen dengan persamaan regresi linier berganda Y = -1,994 + 0,309X1 + 0,582X2. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,883. Nilai koefisien determinasi sebesar 78%. Hasil uji f dengan nilai Fhitung > Ftabel (171,783 > 3,09).  

References

Aditama, Angger, Romi. (2020). Pengantar Manajemen: Teori dan Aplikasi. Malang: AE Publishing.

Afandi (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep, dan Indikator. Yogyakarta: Nusa Media

Alma, Buchari. (2018). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2018) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta.

Buulolo, B., & Akbar, M. F. (2022). Pengaruh Promosi dan Variasi Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Kopi Sungguh Pasar Modern Intermoda Cisauk. Jurnal Ilmiah Swara Manajemen, 2(1), 8-15.

ed.). Kediri : CV. Media Sains Indonesia

Finthariasari, M. (2020). PENGARUH KUALITAS PROUK, DISPLAY LAYOUT DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 8(2). DOI: https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Penerbit PT Bumi Aksara, Jakarta.

Ichsannudin, & Purnomo, H. (2021). Analisis: Gaya Hedonis Status Sosial Variasi

Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Irwan, Handi. (2018). Prinsip-Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Kotler dan Keller. (2019). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke-12, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Lestari, B., & Novitaningtyas, I. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 2(3), 150-159. https://doi.org/10.47747/jnmpsdm.v2i3.374

NA, A. P., Sangari, K. A., & Octaviana, S. (2021). Pengaruh Digital Marketing dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Di Era Covid 19 pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(8), 3697-3708.

Peburiyanti, D., & Sabran, S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di Tenggarong. Jurnal Ekonomi &Amp; Manajemen Indonesia, 20(1). https://doi.org/10.53640/jemi.v20i1.771

Priansa, C. (2017). Perilaku Konsumen dan Psikologi Konsumen. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek (R. R. Rerung

Ramadhina, A. and Mugiono. 2022. Pengaruh Desain Kemasan, Variasi Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen. Volume 01, Number 1, Pages 59-67. Universitas Brawijaya. http://dx.doi.org/10.21776/jmppk. 2022.01.1.07

Ridwan, I., Mukti, M., & Melasari, I. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA PT. PRIMADELTA STARLESTARI RANGKASBITUNG. The Asia Pacific Journal of Management Studies, 8(2).

Saragih, L., dkk. (2023). Konsep dasar manajemen pemasaran. Yogyakarta: Deepublish.

Shafitri, M., Ariani, L., & Nobelson, N. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Vivo. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 201-212.

Sihombing, Kesuma, Iwan & Dewi, Sari, Ika. (2019). Pemasaran dan Manajemen Pemasaran Sebuah Analisis Perspektif Terhadap Minat Beli dan Kepuasan Konsumen. Yogyakarta: Deepublish

Solihin, D. (2020). Pengaruh kepercayaan pelanggan dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen pada online shop mikaylaku dengan minat beli sebagai variabel intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 4(1), 38-51.

Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori & Implementasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Sudaryono. (2021). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2015). Metode Statistika. Bandung: Edisi Ke-5.

Sudjana. (2023). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suhatman, S., Sari, M. R., Nagara, P., & Nasfi, N. (2020). Pengaruh Atribut Produk dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Kota Pariaman di Toko Online Shopee. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 1(2), 26-41. https://doi.org/10.47747/jbme.v1i2.81

Sujarweni, W. (2016). Kupas Tuntas Penelitian Akuntansi dengan SPSS. Yogyakarta. Pustaka Baru Press.

Sunyoto, Danang. (2016). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.

Sunyoto, Danang. (2017). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi, dan Kasus). Jakarta: PT. Buku Seru.

Tjiptono, Fandy. (2017). Strategi Pemasaran, Edisi 4, Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (2020). Pemasaran. Andi Publisher. Yogyakarta

Warnadi & Triyono, Aris. (2019). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Deepublish

Wulandari, L. P. P. P., Eka, I. G. N. A. G., Kusuma, T., & Atmaja, N. P. C. D. (2023). PENGARUH VARIASI PRODUK, ELECTRONIC SERVICE QUALITY DAN WORD OF MOUTH TERHADAP MINAT BELI PADA TOKO JAMU JUICE DALUNG. VALUES, 4(2), 379-394.

Downloads

Published

2024-08-11

How to Cite

Ramadhani, Z., & Solihin, D. (2024). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Primafood Internasional (Prima Freshmart) Cabang Curug Depok. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22508–22517. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/42914