Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Alfamart Cempaka Putih Utara
Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Alfamart Cempaka Putih Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dan diperoleh sampel sebanyak 96 responden. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi, koefisien korelasi, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini adalah Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Sedangkan Kualitas Pelayanan dan harga secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan dengan uji hipotesis diperoleh nilai F hitung > F tabel atau (43,967 > 2,780). Artinya terdapat pengaruh signifikan secara simultan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan.
References
Abdul Gofur. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT. Indosteger Jaya: Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT Vol.4, No.1 Februari 2019).
Abdullah, M. (2014). Manajemen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.
Abubakar, Rusydi. (2017). Manajemen Pemasaran. Sayed Mahdi, Bandung: Alfabeta.
Ade Syarif Maulana. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT TOI: Jurnal Ekonomi Volume 7 Nomor 2, November 2016.
Algifari, (2019), Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan: Metode ImportancePerformance Analysis dan Model Kano, BPFE, Yogyakarta.
Ali Mubarok (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Brand Equity dan Kualitas produk Terhadap KepuasanPelanggan Studi kasus pada PT. Immortal Cosmedika Indonesia Wilayah Tangerang Selatan. (skripsi manajemen 2018)
Andi Supangat. (2018). Statistik Dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan, Nonparametrik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Andi, Radna Wibowo,. (2019). Manajemen Pemasaran.(Edisi 1). Semarang, Indonesia: Radna Andi Wibowo.
Arikunto,S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahrudin, M., & Zuhro, S. (2016). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan. BISNIS: Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam.
Basu Swasta, Dharmesta dan Irawan, (2008) Manajemen Pemasaran Modern, Yogyakarta: Liberty.
G.R Terry (2011: 16) The Management Of Human Resource Development Based On The Action,Planning, Organizing, And Controling. Jurnal Manajemen, 10(2), pp. 129-142.
Ghozali, I. (2017). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
H. Hastono, Triyadi (2020). Pengaruh harga dan Promosi terhadap minat belikonsumen handphone merk vivo di wilayah Tangerang Selatan .(Skripsi Manajemen 2020).
Handayani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu
Handoko. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama.Bandung: Pustaka Setia, Bandung.
Hasibuan, Malayu (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta. Bumi
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Irawan, H. (2021). Manajemen Merek & Kepuasan Pelanggan. Pekalongan.PT: Nasya Expanding Management (NEM).
Istijanto, M. (2018). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong.(2019). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13.Jakarta : Erlangga
Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.
Lupiyoadi dan Hamdani, (2006). Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Malhotra, N. K., Nunan, D., & Birks, D. F. (2017). Marketing Research: An Applied
Approach. Harlow: Pearson Education Limited.
Malhotra, N.K. (2006). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan. Jilid II. Edisi 4.
Jakarta : PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Niken Herawati1, Aris Hidayat, Suwarsito (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan JMM Online Vol .2 No.5 September(2018) 522-535.
Nurmin Arianto (2023). Pengaruh Kualitas PelayananDan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Lottemart (Skripsi Manajemen 2023).
Santoso, Singgih. (2019). “Mahir Statistic Parametric”. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman: Literasi Media Publishing.
Sudjana, Nana. (2018). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta.
Sukarna, (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.
Tjiptono, Fandy. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Ugeng Budi Haryoko, Hapid Rabani (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pelanggan Pada PT Media Televisi Indonesia (Metro Tv).(Skripsi Manajemen 2020).
Utami Christina Whidya., dkk., (2019) Manajemen Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Wawan Supriyatna (2022). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli konsumen Pada Pempek Syifa Bojongsari, Depok Jawa Barat.(Skripsi Manajemen 2022).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.