Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Sembako N O U R A di Kecamatan Setu Pamulang

Authors

  • Taupiq Hidayat Nasution Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Senen Senen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas pelayanan baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko Sembako N O U R A Kecamatan Setu Pamulang.Metode yang digunakan adalah Kuantitatif.Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus Rao Purba dengan jumlah sampel Sebanyak 96 responden.Pengumpulan data dengan cara kuesioner,dan teknik analisis data dengan uji Validitas,realibitas,uji asumsi klasik,analisis regresi berganda,uji hipotesis uji t,uji f,dan koefisien determinasi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Hal tersebut dapat dibuktikan bahwa thitung > ttabel (2.862>1.985),Dari hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh persamaan regresi Y =1,404 +0,808 X1,diperoleh nilai koefiesien regresi sebesar 0,808 Menunjukkan pengaruh yang (positif),Dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan hal tersebut dapat dibuktikan bahwa thitung > ttabel (5.433> 1.985),dan diperoleh nilai persamaan regresi Y =2,544 +0,912 X2,diperoleh nilai koefisien regresi sebesar 0,912 menunjukkan pengaruh yang (positif),sedangkan secara simultan harga dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan persamaan regresi Y=0,404 + 0,309X1+0,629X2 menunjukan pengaruh yang (positif).Dan hasil uji hipotesis diperoleh nilai fhitung > f tabel atau (117.627> 3,09),sedangkan hasil koefisien determinasi sebesar 0,717 atau 71,7% dapat disimpulkan bahwa Variabel Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh Signifikan terhadap variabel Kepuasan Pelanggan sebesar 71,7%,Sedangkan Sisanya sebesar 28,3% dipengaruhi factor lain.

References

Abdullah Thamrin & Tantri Francis. 2018. Manajemen Pemasaran. Depok: Raja Grafindo Persada.

Aditama, Roni Angger. 2020. Pengantar Bisnis. Malang, AE Publishing

Agustina, A. I., & Yudhi Koesworodjati, S. E. (2022). PENGARUH HARGA DAN ONLINE CONSUMER REVIEWS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Survei Pada Konsumen Clothing Prung Terraces Wear Yang Melakukan Pembelian Melalui Marketplace Shopee) (Doctoral dissertation, Perpustakaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpas).

Amanah, Aam (2021) PERILAKU KONSUMEN DALAM MEMILIH PRODUK- PRODUK BEAR BRAND. Skripsi thesis, SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI INDONESIA JAKARTA.

Andi Khaerul Mabrur , Anwar , Zainal Ruma. 2022) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA OMPO KABUPATEN SOPPENG Vol 19 No 2 Oktober 2022,Hal -49

Ardiansyah, Yusuf dan Sulistyowati, 2018, Pengaruh Kompetensi dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pegawai, Jurnal Bisnis dan Manajemen, Volume 2, No 1.

Arifianto, C., Susilo, A., Tajuddien, R., & Romdonih, F. (2020). Peningkatan Kapabilitas Teknologi dalam Menghadapi Era Disrupsi pada Generasi Milenial melalui Webinar. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 145-157.

Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran.Deepublish.

Atmaja, Jaka. 2018. "Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Pada Bank BJB" Jurnal Ecodemica, Vol. 2 No. 1 April 2018. AKOM BSI: Jakarta.

Camelia Praestuti. 2020. Marketing Mix Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mama-Mama Penjual Noken di Oyehe Kabupaten Naribe. Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 10, No. 1, 2020

Devi Nuryani, 182040162 (2022) PENGARUH PENETAPAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PT SOKA CIPTA NIAGA. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

Diana Santy, N. W. (2021). Citra Perusahaan Garuda Indonesia: Persepsi Para Loyalis Garuda Indonesia (Doctoral dissertation, STTKD Sekolah Tinggi Teknologi Kerdigantaraan Yogyakarta).

Djatajuma, Innesense Ave (2023) PENGARUH CITRA MEREK, KEPERCAYAAN MEREK DAN STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT DI JAKARTA SELATAN. Diploma thesis, Universitas Nasional.

Erviyana, S., & Erni Rusyani, S. E. (2022). PENGARUH PENGEMBANGAN KARIR DAN KESEJAHTERAAN KARYAWAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT POS INDONESIA (PERSERO) KANTOR PUSAT CILAKI BANDUNG (Doctoral dissertation, Fakultas Ekonomi dan Bisnis).

Farida, S. I., Anggraini, R. R., Almassawa, S. F., Tajuddien, R., & Hadjrillah, T. MENCIPTAKAN GENERASI UNGGUL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 PADA MURID-MURID SMAN 6 TANGERANG SELATAN.

Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.

Ghozali, I. (2018). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS”Edisi Sembilan.Semarang:Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS.

HANDIANTO, A. (2023). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP KEBERHASILAN PADA USAHA UMKM (Studi Kasus pada UMKM di Bekasi Utara) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Hartawan, A., & Heryati, H. (2021). Pengaruh Budaya Kerja dan Kemampuan Terhadap Komitmen Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Empat Lawang. Jurnal Manajemen dan Investasi (MANIVESTASI), 3(2), 146- 155.

Hasibuan, M. (2015). Manajemen, Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Ina Ratnamiasih, S. E. (2022). PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN SELF-EFFICACY TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA LAMPU SATU RESTO & BAKERY SUBANG (Doctoral dissertation, Universitas Pasundan Bandung).

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press

Irfan, Setiawan (2020) PENGARUH FAKTOR PRIBADI, PSIKOLOGIS DAN SOSIAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT (Studi Kasus pada Dealer Honda Bintang Motor - Jakarta). Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta.

Istijanto, M. (2018). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama.

Kristiyana, Naning., dan Wahna Widyaningrum. (2019). Manskill Managerial Skill. Ponorogo: Unmuh Ponorogo Press.

Mamahit, B. V., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Jasa Cv. Caritas Dei Nobiscum Untuk Meningkatkan Daya Saing. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 892-901.

Mandasari, N. (2020). PENGARUH BRAND TRUST, KUALITAS PRODUK DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN YAKULT (Pada Konsumen Padepokan Tari Langen Kusuma Ponorogo) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Manurung, R. A., & Silalahi, P. R. (2022). Pengaruh Penggunaan Dompet Digital Terhadap Mental Accounting pada Remaja di Kota Medan. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(1), 130-141.

Masili., B. Lumanauw., M. V. J. Tielung 2022 PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA USAHA TOKO BAHAN BANGUNAN MENTARI DI DESA SEA KECAMATAN PINELENG KABUPATEN MINAHASA.Vol.10 No.4 April 2022, Hal. 44-55

Muhamad Sahabudin, Sahab (2022) Implementasi Penguatan Akuntabilitas Dalam Pembangunan Zona Integritas Di Polres Metro Bekasi Kabupaten. Skripsi (S1) thesis, Fisip Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Mutiawati, Cut et.al. 2019. Kinerja Pelayanan Umum Jalan Raya. Yogyakarta:Deepublish.

Nailissyifa, M., Poerbo, S., & Farouk, U. (2019). Pengaruh Pengetahuan Pajak, Persepsi Atas Efektifitas Sistem Perpajakan Dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PPh Pasal 21 Dalam Melapor SPT (Studi Pada Dosen ASN Di Politeknik Negeri Semarang). JOBS (Jurnal Of Business Studies), 5(1), 63-72.

NANANG, ARIAN TOVAN (2021) ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PENUMPANG DALAM MENGGUNAKAN KAPAL MV. BATAM JET 6 (Studi kasus tujuan Tg. Balai Karimun ke Sekupang).

Nurdiansyah, Haris dan Rahman, Robbi Saepul. 2019. Pengantar Manajemen.Yogyakarta: Penerbit Diandra Kreatif.

Pardede, J. (2022). PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN TEMPAT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU MERK PRETTYFIT PADA PT.CHRISTOPER ADIDAYA REKANANDA (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia jakarta).

PEMBELIAN LAMPU MEREK SPECTRA (Studi Pada PT. Lelco Trindo Graha Nusantara) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Pratiwi, K. (2022). PENGARUH SELF-EFFICACY, MOTIVASI DAN SOCIAL SUPPORT TERHADAP BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Mahasiswa STIE Indonesia Jakarta) (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Putra, C. I. R., SAMARI, S., & SARDANTO, R. (2022). ANALISIS VARIASI PRODUK, KUALITAS PELAYANAN DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CAFE NDALEM SIMBAH GONDANG NGANJUK (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Ramadhini, Nur Syafitri (2022) PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN E-COMMERCE SHOPEE PADA JASA PENGIRIMAN BARANG SICEPAT HALU DI JAKARTA. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIE) Jakarta.

Riduwan, dan Engkos Achmad Kuncoro. 2017. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis (Analisis Jalur). Bandung : Alfabeta Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Santosa, S., & Luthfiyyah, P. P. (2020). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap Loyalitas Pelanggan di Gamefield Hongkong Limited. Pro Mark, 10(1).

Sapitri, N. R. (2020). PENGARUH FASILITAS ONLINE TRADING, MODAL MINIMAL INVESTASI DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta).

Saragih, N., & Azhari, M. T. (2022). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Internet Telkomsel (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan). JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen, 2(2), 2548-2564.

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

URAY, R. D. P. (2022). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS XI SMAN 2 SAMBAS (Doctoral dissertation, IKIP PGRI PONTIANAK).

URIP LOLA ARYANTO, U. R. I. P. (2021). PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN

Yuliantika, V., Bahari, Y., & Alhidayah, R. (2018). Pengaruh Aktivitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas Xi Ips Man 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 7(12).

Downloads

Published

2024-08-18

How to Cite

Nasution, T. H., & Senen, S. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Toko Sembako N O U R A di Kecamatan Setu Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 22912–22924. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/43199