Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gas Lpg 3kg pada Pangkalan Ranisa Restu Ayu di Curug Bojongsari Depok

Authors

  • Karina Nanda Suwandi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Prodi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pangkalan Gas LPG 3kg Ranisa Restu Ayu, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah jumlah pelanggan Pangkalan Gas LPG 3kg Ranisa Restu Ayu yaitu sebanyak 33.600 pelanggan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu rumus slovin dan untuk diambil sebagai sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dengan diperoleh persamaan regresi Y= 4.818 + 0.684X1 + 0.509X2, nilai koefisien korelasi atau tingkat pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat diperoleh sebesar 0,939 artinya bahwa tingkat hubungan Sangat Kuat. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,879 maka dapat di simpulkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) berpengaruh terhadap variabel Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 87,9%, sedangkan sisanya sebesar 12,1% disebabkan oleh variabel lain yang tidal diteliti dalam penelitian ini. Uji simultan diperoleh nilai Fhitung 359.008 > Ftabel 3.09 dengan tingkat signifikan 0.000 < 0.05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya secara simultan terdapat pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan pada Pangkalan Gas LPG 3kg Ranisa Restu. Sehingga hipotesis ketiga diterima.

References

Alma. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Keller, K. P. (2016). Manajemen Pemasaran, Global Edition. Pearson Prentice Hall.

Kotler, P. a. (2014). Principle Of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Saputri, M. V. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Cafe Kopi Massa Kok Tong Lim Ming Tebing Tinggi. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi).

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2016). Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono. (2015). Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia Cawang.

Downloads

Published

2024-08-08

How to Cite

Suwandi, K. N. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Gas Lpg 3kg pada Pangkalan Ranisa Restu Ayu di Curug Bojongsari Depok. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 2270–2276. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/42763