Kualitas layanan laundry yang disediakan oleh Mama Laundry di Rempoa Kota Tangerang Selatan
Keywords:
Kualitas pelayanan JasaAbstract
Dalam industri jasa, kualitas layanan merupakan hal yang sangat penting. Pendekatan terbaik adalah memberikan layanan berkualitas tinggi untuk menarik klien baru, mempertahankan klien yang sudah ada, mencegah pelanggan meninggalkannya, dan mengembangkan manfaat khusus yang melampaui harga yang kompetitif. Persepsi dan kepuasan pelanggan yang positif dihasilkan ketika klien menerima tingkat layanan yang diharapkan. Kapasitas perusahaan untuk memuaskan pelanggan mempunyai pengaruh besar terhadap keberhasilan perusahaan tersebut. Bisnis yang beroperasi dalam kerangka sistem mereka perlu berkonsentrasi pada klien mereka sebagai konsumen layanan agar dapat secara efisien memberikan barang atau jasa berkualitas tinggi yang memenuhi harapan klien. Di sisi lain, untuk memberikan layanan berkualitas tinggi yang memenuhi harapan pelanggan eksternal, bisnis juga harus menjamin kepuasan pelanggan internalnya, yaitu karyawannya (penyedia layanan).
References
Penelitian Fenomenologi dan Pendidikan, Eddles-Hirsch, Katrina. Jurnal Internasional Penelitian Lanjutan, Agustus 2015, Vol. 3, Edisi 8.Gronroos, C. (1992).
Administrasi Pertanian. Edisi 12 Jilid 2. Indeks, Jakarta Gordon H.G. McDougall dan Terrence Levesque. 2000. Kepuasan pelanggan: mempertimbangkan nilai yang dirasakan dalam proses. Jil. 14, No.5, Jurnal Pemasaran Jasa, 392-410 Zeithaml, Berry, dan Parasuraman. 1988.
Manajemen Pemasaran dan Pelayanan. Toronto, Massachusetts; Lexington Books.Keller dan Kotler, 2017. Manajemen Pemasaran Edisi Global ke-15. PearsonKeller dan Kotler (2007).
SERVQUAL adalah skala multi-item yang digunakan untuk mengukur seberapa baik pelanggan memandang kualitas layanan yang mereka terima. Jurnal Ritel Institut Ilmu Pemasaran. 1(64): j: 12-40.Tjiptono (2019). Tiga P: Prinsip, Pererapan, dan Perelitian. Yogyakarta: Andi Penerbit
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.