Dampak Covid-19 Terhadap Penjualan UMKM Lokal
Keywords:
Covid -19, UMKM, kebijakan, penjualan, e-commerce, pemasaran digitalAbstract
Covid 19 merupakan suatu pandemi yang melanda berbagai penjuru negara salah satunya di negara Indonesia Pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian yang amat besar Hal ini didukung oleh berbagai kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah seperti pembatasan sosial distancing, pembatasan perjalanan, penutupan perbatasan antar negara, pemberlakuan psbb, penutupan sekolah, kantor, dan bahkan isolasi suatu wilayah tertentu berbagai langkah tersebut disinyalir menyebabkan aktivitas ekonomi menurun drastis. salah satu sektor yang terdampak oleh pandemi dan kebijakan ini adalah sektor UMKM. banyak pelaku usaha yang mengalami penurunan pembeli yang mengakibatkan penurunan omset penjualannya. tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak langsung pandemi terhadap penjualan UMKM, mengungkapkan kendala yang dihadapi oleh UMKM selama pandemi, dan menganalisis strategi yang diadopsi oleh UMKM untuk bertahan dalam situasi tersebut. metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan strategi seperti penjualan melalui e-commerce, pemasaran digital, peningkatan kualitas produk dan layanan, serta memperkuat hubungan dengan konsumen akan memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku UMKM lainnya yang berjuang dalam menghadapi situasi serupa..
References
Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452
Maryanto, M., Chalim, M. A., & Hanim, L. (2022). UPAYA PEMERINTAH DALAM MEMBANTU PELAKU USAHA UMKM YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19. Audi Et AP : Jurnal Penelitian Hukum, 1(01), 1–11. https://doi.org/10.24967/jaeap.v1i01.1484
Masturi, H., Hasanawi, A., & Hasanawi, A. (2021). Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10).
Oktarina, S., Mindayani, S., Oktrari, R., & Saputra, A. (2022). KUALITAS HIDUP PEDAGANG KAKI LIMA DALAM KONDISI PANDEMI COVID 19 DI KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. 01. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/3425/pdf
Rahmadani, R. D., & Subroto, W. T. (t.t.). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Diambil 29 April 2024, dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/18022
Rosita, R. (2020). PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. JURNAL LENTERA BISNIS, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380
Rumbrawer, W. A. P., Boari, Y., & Lestari, E. D. (2023). Dampak Covid-19 terhadap UMKM (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima di Kelurahan VIM). Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 341–354. https://doi.org/10.33059/jseb.v14i2.5780
Digitalisasi UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19, dari katadata.co.id/umkm. Diakses 29 Apr. 2024.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.