Dampak Covid-19 Terhadap Penjualan UMKM Lokal

Authors

  • Mistri Gunawan Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • Mohamad Farhan Amir Cahya Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Keywords:

Covid -19, UMKM, kebijakan, penjualan, e-commerce, pemasaran digital

Abstract

Covid 19 merupakan suatu pandemi yang melanda berbagai penjuru negara salah satunya di negara Indonesia Pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan masyarakat tetapi juga mempengaruhi kondisi perekonomian  yang amat besar Hal ini didukung oleh berbagai kebijakan yang diterapkan oleh pemerintah seperti pembatasan sosial distancing, pembatasan  perjalanan, penutupan perbatasan antar negara, pemberlakuan psbb, penutupan sekolah, kantor, dan bahkan isolasi suatu wilayah tertentu berbagai langkah tersebut disinyalir menyebabkan aktivitas ekonomi menurun drastis. salah satu sektor yang terdampak oleh pandemi dan kebijakan ini adalah sektor UMKM. banyak pelaku usaha yang mengalami penurunan pembeli yang mengakibatkan penurunan omset penjualannya. tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dampak langsung pandemi terhadap penjualan UMKM, mengungkapkan kendala yang dihadapi oleh UMKM selama pandemi, dan menganalisis strategi yang diadopsi oleh UMKM untuk bertahan dalam situasi tersebut. metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan strategi seperti penjualan melalui e-commerce, pemasaran digital, peningkatan kualitas produk dan layanan, serta memperkuat hubungan dengan konsumen akan memberikan wawasan yang berharga bagi pelaku UMKM lainnya yang berjuang dalam menghadapi situasi serupa..

References

Hanim, L., Soponyono, E., & Maryanto, M. (2022). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 30–39. https://doi.org/10.24967/psn.v2i1.1452

Maryanto, M., Chalim, M. A., & Hanim, L. (2022). UPAYA PEMERINTAH DALAM MEMBANTU PELAKU USAHA UMKM YANG TERDAMPAK PANDEMI COVID-19. Audi Et AP : Jurnal Penelitian Hukum, 1(01), 1–11. https://doi.org/10.24967/jaeap.v1i01.1484

Masturi, H., Hasanawi, A., & Hasanawi, A. (2021). Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10).

Oktarina, S., Mindayani, S., Oktrari, R., & Saputra, A. (2022). KUALITAS HIDUP PEDAGANG KAKI LIMA DALAM KONDISI PANDEMI COVID 19 DI KECAMATAN BUKIT RAYA KOTA PEKANBARU. 01. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/download/3425/pdf

Rahmadani, R. D., & Subroto, W. T. (t.t.). Analisis Strategi Pengembangan UMKM Kabupaten Sidoarjo di Masa Pandemi Covid-19. Diambil 29 April 2024, dari https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/18022

Rosita, R. (2020). PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP UMKM DI INDONESIA. JURNAL LENTERA BISNIS, 9(2), 109. https://doi.org/10.34127/jrlab.v9i2.380

Rumbrawer, W. A. P., Boari, Y., & Lestari, E. D. (2023). Dampak Covid-19 terhadap UMKM (Studi Kasus Pedagang Kaki Lima di Kelurahan VIM). Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 341–354. https://doi.org/10.33059/jseb.v14i2.5780

Digitalisasi UMKM Di Tengah Pandemi Covid-19, dari katadata.co.id/umkm. Diakses 29 Apr. 2024.

Downloads

Published

2024-06-10

How to Cite

Gunawan, M., & Cahya, M. F. A. (2024). Dampak Covid-19 Terhadap Penjualan UMKM Lokal . Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1400–1405. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40653