Analisis Keputusan Pembelian Gilus Mix di Universitas Pamulang

Authors

  • Naila Angeliani Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Octavia Putri Nadia Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Penjualan, Analisis SWOT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar keputusan pembelian  konsumen pada produk ini dan menganailsis bagaimana strategi pemasaran pada kopi Gilus Mix dalam meningkatkan penjualan melalui segmenting, targeting, dan positioning. Sebagai sebuah proses, keputusan konsumen dalam pembelian berfokus pada pemenuhan kebutuhan dari produk atau layanan yang dipilihnya. Kopi Gilus Mix merupakan salah satu bentuk varian kopi terbaru yang memiliki rasa yang unik, dalam konteks persaingan yang ketat. Objek dalam penelitian ini adalah kopi Gilus Mix. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah wawancara pada mahasiswa Universitas Pamulang serta beberapa dokumen dan jurnal. Analisis yang digunakan adalah Analisis SWOT. Fokus masalah yang dihadapi adalah terkait kendala yang dihadapi, penerapan, dan perkembangan volume penjualan dengan menggunakan strategi pemasaran.

References

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional.

Barcelona, O., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis, 34-42.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen pada Marketplace: Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 211-224.

Effendi, Z., & Chandra, R. (2020). Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Melalui Keputusan Pembelian Pada Travel Umroh dan Haji Plus PT. Inyong Travel Barokah. 1-25.

Ernawati, R., Dwi, A. B., & Argo, J. G. (2021). Analisis Pengaruh Promosi, Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-commerce Zalora di Jakarta. Business Management Analysis Journal (BMAJ), 200-218.

Fadhli, K., & Pratiwi, N. D. (2021). PENGARUH DIGITAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, DAN EMOSIONAL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN POSKOPI ZIO JOMBANG. Jurnal Inovasi Penelitian, 603-612.

Fitri, A. N., & Andi, D. (2021, Agustus 09). Mengaduk Strategi Bisnis Kopi Saset. Diambil kembali dari Business Insight: https://insight.kontan.co.id

Hanif, M. (2020, 12 09). Gilus Mix Torabika Sensasi Aroma Pandan Review Rasa. Diambil kembali dari pontren.com: https://pontren.com

Intania, H., Nobelson, & Suharyati. (2021). ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN STARBUCKS COFFEE DI JAKARTA. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi (hal. 1457-1470). Jakarta: upnvj.

Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 716-727.

Mas'ari , A., Hamdy, M. I., & Safira, M. D. (2019). Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4P(Price, Product, Place, Promotion) Pada Pt. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri, 79-86.

Masdaini, E., & Hemayani, A. D. (2022). Analisis Keputusan Pembelian pada Konsumen Warung Kopi Nilang. Jurnal Terapan Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 20-28.

Naurah, N. (2023, Februari 21). Kapal Api Puncaki Merek Kopi Sachet yang Paling Banyak Dikonsumsi Masyarakat 2022. Diambil kembali dari GoodStats: https://goodstats.id

Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., & Asir, M. (2023). Literature Review : Analisis Faktor yang mempengaruhi Keputusan Pembelian, Keputusan Produk dan Harga Kompetitif . Management Studies and Entrepreneurship Journal, 183-188.

Nurhayaty, M. (2022). Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P di PD Rasa Galendo Kabupaten Ciamis. Jurnal Media Teknologi, 119-127.

Nurliyanti, N., Susanti, A. A., & Hadibrata, B. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Literature Review Strategi Marketing Manajement). Jurnal Ilmu Hukum Humaniora dan Politik, 224-232.

Pramudita, D. T., Gunawan, N. F., Ningsih, M. C., & Adilah, R. (2022). Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyaitas Pelanggan : Harga dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosisal, 424-436.

Purbohastuti, A. W. (2021). Efektivitas Bauran Pemasaran Pada Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret. Jurnal Sains Manajemen, 1-17.

Putra, I. G. (2017). ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN . Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 397-406.

Putra, R. (2021). Determinasi Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 516-524.

Rahayu, M. M., Wahyudyanti, R., Utama, A. P., Rahmawati, A., & Maryati. (2023). ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA ONLINE SHOPPING SELAMA BULAN RAMADAN: STUDI KASUS PADA KONSUMEN MUSLIM DI INDONESIA. Jurnal Ilmiah Manajemen, 294-304.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Angeliani, N., & Nadia, O. P. (2024). Analisis Keputusan Pembelian Gilus Mix di Universitas Pamulang. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 1906–1916. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40945