ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PENJUALAN E-COMMERCE PADA TIKTOK SHOP

Authors

  • Muhamad Restu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang
  • Rahadian Pratama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Program Studi Manajemen, Universitas Pamulang

Keywords:

Strategi Pemasaran, Penjualan, E-commerce

Abstract

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat kompleks dan memberikan dampak signifikan pada kehidupan manusia, terutama dalam bisnis online seperti E-Commerce. Salah satu contohnya adalah Tiktokshop, yang memungkinkan individu untuk berbisnis tanpa modal besar. Mereka bermitra dengan Tokopedia untuk mencapai pasar yang lebih luas. Penelitian ini  bertujuan  untuk menganalisis  strategi  pemasaran Tiktokshop dalam   model   B2C.   Tiktokshop   menawarkan pengalaman belanja online yang aman dan nyaman. Penting bagi mereka untuk meningkatkan layanan pelanggan dengan menjaga kepercayaan, mempermudah pembayaran, memberikan respons yang cepat, dan menampilkan gambar produk yang akurat.

References

Agustin, N., & Amron, A. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Skincare Pada Tiktok Shop [Preprint]. Kinerja. Available at: https://doi.org/10.34005/kinerja.v5i01.2243.

Arya, S.M. et al. (2022). Strategi Viral Di Tiktok: Panduan Pemasaran Melalui Media Sosial Untuk Bisnis. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.36982/jiegmk.v13i1.1742.

Maylani, R. (2023). TikTok Shop Tampilkan Wajah Baru Setelah Bergabung Dengan Tokopedia. Tinewss.Com. Available at: https://www.tinewss.com/techno-otomotif/18511172830/tiktok- shop-tampilkan-wajah-baru-setelah-bergabung-dengan-tokopedia-apa-yang- berubah#Google_Vignette

Ranti, R.F., Nuraini, P., & Firmansyah, R. (2022). Strategi Promosi Pada Aplikasi TikTok Shop Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. Jurnal Ekonomi Perjuangan [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.36423/jumper.v4i2.1121.

Setyadi, H.A. et al. (2023). TikTok Shop Untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Witpari Karanganyar. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.31294/abditeknika.v3i1.1726.

Nurchasanah, D., & Udayana, I.B.N. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aplikasi TikTok Shop. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal [Preprint]. Available at: https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i3.1693.

Downloads

Published

2024-06-18

How to Cite

Restu, M., & Pratama, R. (2024). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DAN PENJUALAN E-COMMERCE PADA TIKTOK SHOP. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, 3(2), 2050–2055. Retrieved from https://openjournal.unpam.ac.id/index.php/PSM/article/view/40989