Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Aminah di Kecamatan Setu
Keywords:
Strategi, Pemasaran, PenjualanAbstract
Judul penelitian ini yakni analisis strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan pada usaha Ibu Aminah di Kecamatan Setu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan oleh usaha Ibu Aminah untuk meningkatkan penjualan. Data yang dibutuhkan peneliti menggunakan jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Sumber datanya yakni data primer dan data sekunder. Metode yang dipergunakan dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan: Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Studi Pustaka. Untuk mengetahui bagaimana strategi digunakan Metode Analisa Swot (Strength, Weakness, Opportunity dan Threat). Dari Hasil Analisis Swot, diperoleh bahwa Hasil EFAS (Eksternal Factor Analisys Summary) masing-masing diperoleh nilai, untuk peluang diperoleh nilai 1,47 dan ancaman diperoleh nilai 0,64 hal ini berarti bahwa Usaha Ibu Aminah di Kecamatan Setu memiliki Nilai peluang lebih besar dibandingkan nilai ancaman. Nilai IFAS untuk variabel kekuatan dan kelemahan masing-masing diperoleh kekuatan dengan nilai 1,66 sedangkan kelemahan diperoleh nilai 0,86, hal ini berarti bahwa kekuatan yang dimiliki Usaha Ibu aminah diKecamatan Setu lebih besar daripada nilai kelemahan yang dimiliki. Dari hasil diagram analisis Swot diperoleh bahwa posisi Usaha Ibu Aminah di Kecamatan Setu memiliki peluang dan kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan perutumbuhan yang agresif.
References
Abdullah, Thamrin, dan Francis Tantri. (2019). Manajemen Pemasaran. Cetakan ke 8. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Aftizal, (2016), Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Arikunto, S, (2013), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta, Jakarta.
Assauri, Sofjan. (2013). .Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Basu Swastha dan T.Hani Handoko. (2015). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta BPFE.
David, Fred R. (2011). Strategic Management, Buku 1. Edisi 12 Jakarta. Hermawan, Agus, (2012), Komunikasi Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Kismono, Gugup (2011). Bisnis Pengantar. Fakultas Ekonomie dan Bisnis UGM. Yogyakarta.
Kotler, Philip, Keller, Kevin L, (2012), Manajemen Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Kuncoro, Mudrajad , (2009), Metodologi Riset Untuk Bisnis&Ekonomi, Erlangga, Jakarta.
M. Ali Chandra, Muchtar, dkk, (1998), Pedoman Penulisan Skripsi, LPEM-STIE Muhammadiyah
Moekijat. (2011). Latihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Bandar Maju. Bandung
Parida, Muliana, (2012), AnalisisFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Volume Penjualan Produk Pada Mini Market Colours Mart Pekan Baru, Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial, Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau,Pekan Baru.
Rangkuti, Freddy. (2017). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT. Cetakan ke-23. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono.(2012). Memahami PenelitianKualitatif. Bandung: ALFABET
Sunyoto, Danang. (2014). Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran (Konsep,Strategi,danKasus). Cetakan ke-1. Yogyakarta : CAPS (CenterforAcademiecPublishingService).
Tjiptono, Fandy, (2010), Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta. Wijaya, Tony, (2011), Manajemen Kualitas Jasa, Jakarta, Salemba Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.